Debit Air di Wilayah Barito Selatan Turun

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, Debit Air di Wilayah Barito Selatan Turun, kota buntok, debit air

Debit Air di Wilayah Barito Selatan Turun

Kondisi debit air yang menggenangi kelurahan Mangkatip, Kecamatan Dusun Hilir sudah surut dibandingkan beberapa hari sebelumnya. (Foto Jurnalis Warga)

Buntok (Antara Bayu Ilmiawan) - Debit air wilayah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, beberapa hari ini sudah mulai mengalami penurunan dari sebelumnya.

Pantauan Antara di Kota Buntok dan sekitarnya, debit air yang sebelumnya menggenangi pekarangan rumah penduduk, kini sudah tidak ada lagi.

Seperti pekarangan rumah penduduk di Jalan AMD II, Jalan Kelurahan, Pelita Raya yang semula digenangi banjir, sudah tidak tergenang banjir dalam beberapa hari terakhir ini.

Selain itu, berdasarkan informasi warga yang berada di Kelurahan Mangkatip, Kecamatan Dusun Hilir, pada jalan dan pekarangan rumah penduduk masih digenangi banjir.

"Meskipun demikian, debit air sudah turun dari sebelumnya,"kata salah seorang warga Kelurahan Mangkatip, Bahruddin Ugiw.

Menurut Bahruddin yang sehari-harinya berprofesi sebagai guru Sekolah Dasar (SD) di Kelurahan Mangkatip itu mengatakan debit air pada pekarangan rumah penduduk saat ini sudah turun.

"Debit air yang sebelumnya 50 cm pada sebagian jalan dan pekarangan rumah penduduk, sudah surut dengan kedalaman 10 cm saja,"tambah dia.

Ia berharap debit air terutama di wilayah Kecamatan Dusun Hilir ini bisa terus turun, sehingga wilayah mereka tidak mengalami kebanjiran lagi dalam beberapa hari kedepan.