Bandara dan RSUD di Kuala Pembuang Akan Diganti Nama Apa?

id bandara kaula pembuang, bupati seruyan, rsud seruyan

Bandara dan RSUD di Kuala Pembuang Akan Diganti Nama Apa?

Bandara Kuala Pembuang (Ist )

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono mewacanakan pergantian nama bandar udara dan rumah sakit umum daerah tersebut yang berada di Kuala Pembuang.

"Kita berencana mengganti nama bandar udara dan rumah sakit umum daerah, kalau memang nanti disepakati akan ditetapkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Seruyan ke-15 Agustus 2017," katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini mengaku sudah mendapat beberapa rekomendasi nama baru untuk kedua fasilitas publik yang saat ini masih menggunakan nama lokasi fasilitas itu berada, yaitu Kuala Pembuang.

Salah satu nama diusulkan untuk menjadi nama Bandara Kuala Pembuang adalah Kapten Mulyono. Kapten Mulyono merupakan salah satu pahlawan yang memegang peran strategis dalam revolusi fisik melawan pasukan Belanda tahun 1947 di pedalaman Kalimantan, khususnya untuk wilayah hulu Sungai Seruyan pascaproklamasi Kemerdekaan Indonesia.

"Saya juga sudah kontak dengan keluarga Kapten Mulyono, dan mereka bersedia kalau nama Kapten Mulyono dijadikan nama bandara di Seruyan," katanya.

Selain Kapten Mulyono, tokoh lain yang namanya akan digunakan untuk RSUD adalah Datuk Samudin yang merupakan tokoh sejarah dibalik berdirinya Kuala Pembuang yang kini menjadi Ibu Kota Seruyan.

"Inilah beberapa nama tokoh yang direkomendasikan untuk nama bandara dan RSUD," katanya.

Ia menambahkan, meski sudah mendapat rekomendasi beberapa nama untuk bandara dan RSUD, namun nama itu belum disepakati dan masih harus dikomunikasikan dengan tokoh-tokoh yang ada di Seruyan.

"Jadi untuk masalah nama ini masih harus kita komunikasikan lagi dengan tokoh-tokoh, terutama tokoh-tokoh yang ada di Kuala Pembuang," katanya.