Senin, 26 Juni 2017

Hindari Berita Hoax, Diskominfo Pulpis Targetkan Kahayan Hilir Segera Bentuk KIM

id Pulang Pisau, Diskominfo Pulpis, hindari berita hoax, Kelompok Informasi Masyarakat, KIM, Diskominfo Pulpis Targetkan Kahayan Hilir Segera Bentuk KIM
Hindari Berita Hoax, Diskominfo Pulpis Targetkan Kahayan Hilir Segera Bentuk KIM
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Statistik dan Persandian Kabupaten Pulang Pisau, M Insyafi. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)
Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Statistik dan Persandian Kabupaten Pulang Pisau, M Insyafi mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan tahun ini Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sudah terbentuk di Kecamatan Kahayan Hilir.

"Ini baru tahap awal dan diharapkan tahun berikutnya semua desa di kabupaten setempat telah terbentuk KIM," kata Insyafi di Pulang Pisau, Selasa.

Menurut insyafi salah satu tugas dan peran dari KIM ini adalah menerima dan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat di desanya masing-masing. Termasuk meluruskan berita maupun informasi hoax yang diterima masyarakat, baik berita yang tidak jelas sumbernya dan marak di media sosial.

Kader KIM ini, terang Insyafi, harus mampu juga memberikan penerangan kepada masyarakat bagaimana cara memperoleh informasi dari sumber yang jelas.  

Berita hoax yang tidak jelas dan belum tentu kebenarannya itu terkadang di telan mentah-mentah oleh masyarakat sehingga dapat menimbulkan keresahan hingga dimanfaatkan untuk kepentingan orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Dinas Kominfo  sebagai Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang menangani informasi ini harus memberikan antisipasi dan bisa meminimalisir agar masyarakat tidak mengkonsumsi berita-berita hoax. 

Termasuk, memberikan pemahaman aturan-aturan terkait yang bisa membuat masyarakat terjerat hukum akibat penyalahgunaan media sosial dan juga kasus Persekusi yang sebelumnya marak beberapa waktu belakangan ini.

Insyafi mengatakan Kecamatan Kahayan Hilir memiliki sebanyak 8 desa dan kelurahan. Ditargetkan hingga akhir tahun ini sudah terbentuk KIM. 

Para kader KIM nantinya akan dibekali terlebih dahulu dengan pelatihan dan pembinaan secara berkelanjutan.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga