Sabtu, 19 Agustus 2017

Polres Kotim Tambah Personel Amankan Pelabuhan Sampit

id polres kotim, AKBP Muchtar Supiandi Siregar, Polres Kotim Tambah Personel Amankan Pelabuhan Sampit
Polres Kotim Tambah Personel Amankan Pelabuhan Sampit
Kapolres Kotim AKBP Muchtar Supiandi Siregar berbincang dengan Kepala KSOP Sampit, Toto Sukarno saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Sampit, Kamis (15/6/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)
Sampit (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, segera menambah personel untuk membantu pengamanan arus mudik Lebaran 2017 di Pelabuhan Sampit seiring meningkatnya jumlah penumpang.

"Anggota (polisi) tentu ditambah karena jumlah pemudik juga meningkat, tapi kami dibantu instansi lain yakni TNI, Dinas Perhubungan, KSOP, Dinas Kesehatan, Sentra Komunikasi dan lainnya," kata Kapolres AKBP Muchtar Supiandi Siregar saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Sampit, Kamis.

Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-7 hingga H+3 lebaran. Untuk pengamanan, Polres menurunkan 40 anggotanya ditambah anggota Polsek, dibantu personel lain dari instansi lain seperti TNI, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sampit, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Sentra Komunikasi dan lainnya.

Khusus untuk Pelabuhan Sampit, pengamanan dilakukan oleh Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Mentaya. Namun mengantisipasi dampak lonjakan penumpang, Polres akan menambah personel bantuan yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Muchtar menyempatkan meninjau kondisi penumpang yang sudah masuk ke kapal KM Kelimutu yang hendak berangkat menuju Semarang. Dia berkeliling melihat fasilitas kapal yang sedang mengangkut muatan dengan jumlah maksimal yakni 1.600 penumpang tersebut.

"PT Pelni memastikan tidak ada penumpang yang tidak dapat tempat tidur. Kamar mandinya saya lihat juga bersih. Peralatan keselamatan juga diperagakan penggunaannya. Kita tidak mengharapkan ada kejadian, tapi kalau ada kejadian, penumpang sudah tahu apa yang harus dilakukan," kata Muchtar.

Dia berterima kasih atas kerja sama semua pihak sehingga penyelenggaraan arus mudik masih berjalan aman dan lancar. Seperti saat 1.600 penumpang naik ke KM Kelimutu, semua mengalir lancar tanpa berdesakan karena petugas sudan mengatur dengan mengurai penumpang yang masuk ke kapal.

Kepala KSOP Sampit, Toto Sukarno mengatakan, pihaknya udah berkoordinasi dengan semua instansi agar penyelenggaraan arus mudik lebaran 2017 ini berjalan selamat, aman, lancar dan nyaman. Calon penumpang diimbau mematuhi arahan petugas agar semua berjalan lancar.

"Kami buat posko terpadu yang buka 24 jam untuk membantu penumpang. Jadi kalau penumpang memerlukan informasi atau hal lain, silakan datang ke posko terpadu di samping area pelabuhan," kata Toto.

Berdasarkan hasil rapat gabungan, jumlah pemudik melalui Pelabuhan Sampit tahun ini diperkirakan ada 19.128 penumpang, naik 1,8 persen dibanding saat arus mudik lebaran 2016 lalu yang hanya 18.790 penumpang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, telah disiapkan 17 call atau keberangkatan, terdiri dari sembilan call dilayani PT Pelni dan delapan call dilayani PT Dharma Lautan Utama. 

Editor: Admin Kalteng

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga