Polisi Tangkap Bajing Loncat di Barsel

id polisi, AKP Budiono, bajing loncat

Polisi Tangkap Bajing Loncat di Barsel

Kedua pelaku bajing loncat bernama Sumindra Bin Suhin (32), dan Junaidi Bin Rita alias Jojo (23) yang ditangkap aparat kepolisian Polsek Dusun Selatan pada Jum’at sekitar pukul 01.30 WIB dini hari. (Foto Polsek Dusun Selatan)

Buntok (Antara Kalteng) - Kepolisian Polres Barito Selatan, Kalimantan Tengah berhasil menangkap dua pelaku bajing loncat atau spesialis pencuri getah karet pada mobil truk bermuatan.

"Kedua pelaku bernama Sumindra Bin Suhin (32), dan Junaidi Bin Rita alias Jojo (23)," kata Kapolres Barsel, AKBP Yussak Angga melalui Kapolsek Dusun Selatan, AKP Budiono, di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, kedua pelaku pencuri getah karet pada mobil truk yang bermuatan tersebut berhasil ditangkap pada Jum'at sekitar pukul 01.30 WIB dini hari ketika pihaknya sedang melaksanakan patroli.

"Pada saat patroli, kita melihat kedua pelaku berboncengan menggunakan sepeda motor, dan diatas tangki terdapat karung. Setelah dihentikan, dan ditanyakan serta dilakukan penggeledahan pada karung ternyata ada getah karet yang masih berbentuk lum,"ujarnya.

Begitu ditanyakan asal usul karet itu kata dia, kedua pelaku tidak bisa menjawab, dan setelah didesak akhirnya mengaku bahwa getah karet yang dibawa mereka itu merupakan hasil curian.

Berdasarkan pernyataan pelaku lanjut dia, mereka melakukan pencurian tersebut selama dua hari, dan mengambil karet dengan cara berpura-pura memancing ikan dipinggir jalan.

"Ketika truk bermuatan getah karet lewat, Sumindra Bin Suhin berlari, dan naik keatas truk. Setelah itu melempar karet yang berada diatas truk, dan Junaidi Bin Rita alias Jojo mengumpulkan karet tersebut,"kata dia.

Menurut dia, karet hasil curian itu, terlebih dahulu disembunyikan kedua pelaku diselokan dalam gorong-gorong, dan begitu situasi aman, baru getah karet diangkut menggunakan sepeda motor.

"Kedua pelaku bersama barang bukti berupa karung yang berisi getah karet, karung ikan, dan satu unit kendaraan roda dua telah kita amankan di mapolsek Dusun Selatan untuk proses lebih lanjut," demikian Kapolsek Dusun Selatan, AKP Budiono.