Senin, 21 Agustus 2017

Mantap! 31 Desa di Barito Selatan Ajukan Pencairan Dana Desa

id dana desa, add, barito selatan, 31 Desa di Barito Selatan Ajukan Pencairan DD
Mantap!  31 Desa di Barito Selatan Ajukan Pencairan Dana Desa
Ilustrasi - Dana Desa yang dikucurkan dari APBN (cifdes.web.id)
Buntok (Antara Kalteng) - Hingga saat ini sudah sebanyak 31 desa di wilayah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, yang telah mengajukan pencairan Dana Desa (DD).

Kabid Administrasi Pemerintahan Desa dan Kelembagaan Pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Barsel, Bambang Purwadi Jumat mengatakan jumlah tersebut tercatat hingga 16 Juni 2017 ini.

"Dari 86 desa, sebanyak 31 desa yang telah kita keluarkan rekomendasi untuk pencairan Dana Desa (DD)," katanya, di Buntok.

Ia menjelaskan, pada 8 Juni pihaknya mengeluarkan rekomendasi secara kolektif untuk sembilan desa, pada 13 Juni diterbitkan rekomendasi bagi 14 desa, dan pada 15 Juni direkomendasikan pencairan untuk delapan desa sehingga total rekomendasi pencairan DD sebanyak 31 desa.

"Adapun anggaran yang sudah dikeluarkan untuk pencairan Dana Desa bagi sejumlah desa yang berada di wilayah Barito Selatan ini sebesar Rp15, 118 miliar," jelas Bambang Purwadi.

Sedangkan sebagian desa lainnya masih belum mengajukan rekomendasi pencairan DD kepada pihaknya, lantaran belum lengkap administrasinya, dan sebagiannya lagi lantaran fokus pada kegiatan Alokasi Dana Desa (ADD) terlebih dahulu.

Selain itu juga kata Bambang, keterlambatan pencairan DD ini disebabkan adanya tarik ulur tujuan rekomendasi yang menyesuaikan dengan peraturan baru, dan pihaknya telah menyepakati tujuan rekomendasi ke PPKAD.

Ia juga menyampaikan, kalau dulu sistem rekomendasi yang diberikan per desa yang mengajukan pencairan, sedangkan saat ini rekomnya diajukan secara kolektif.

"Kami sudah sampaikan pemberitahuan kepada pihak desa, agar penyampaian pengajuan setiap Rabu pagi sehingga bisa diajukan rekomendasi secara kolektif dalam setiap minggu,"kata dia.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga