Sabtu, 19 Agustus 2017

Setiap Desa di Lamandau Diupayakan Miliki Perpustakaan

id perpustakaan desa, Dinas perpustakaan lamandau
Setiap Desa di Lamandau Diupayakan Miliki Perpustakaan
Ilustrasi - Perpustakaan dengan koleksi buku pengetahuan beragam. (Istimewa)
Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Setiap desa di wilayah Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah diupayakan memiliki perpustakaan desa. Upaya ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Lamandau sejak tahun 2013 melalaui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD).

Kepala DPAD, Drs Edison Dewel MSi, keberadaan perpustakaan di desa-desa sangat didambakan masyarakat. Perpustakaan merupakan gudang ilmu, sehingga keberadaan buku sangat penting untuk diupayakan hadir di setiap desa.

"Perpustakaan merupakan sumber ilmu, dimana buku-buku dan informasi didapat. Bila bisa mewujudkan perpustakaan di desa, maka hasilnya baru akan dirasakan dalam jangka panjang dan merupakan investasi peningkatan sumber daya manusia (SDM)," jelas Edison belum lama ini.

Menurut  Suryadi (45), warga Desa Panopa, Kecamatan Lamandau, mengatakan dengan adanya perpustakaan daerah, akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bacaan, dan memudahkan para pelajar maupun pegawai dalam mencari buku-buku literatur untuk mendukung kegiatan yang menjadi tugasnya.

"Sebagai warga biasa, kami sangat mendukung bila di desa-desa dibangun perpustakaan. Selama ini, karena belum tersedia perpustakaan, cukup banyak kalangan yang kesulitan mencari referensi untuk belajar maupun mendukung pekerjaan sehari-hari," jelasnya.

Bagi para pelajar, keberadaan sebuah perpustakaan akan sangat mendukung proses belajar. Banyak tugas sekolah yang buku rujukannya harus dicari di perpustakaan. Namun karena belum ada perpustakaan, dan masih terbatasnya toko yang menjual buku-buku pendidikan, mengakibatkan belum maksimalnya informasi yang didapat.

Un, salah seorang guru mengatakan, mengharapkan agar perpustakaan dapat hadir (paling tidak) di ibukota kecamatan. "Harapannya, dengan banyak tersedianya perpustakaan dan literatur  pendukung, kualitas akhir lulusan dapat semakin baik," tuturnya.

Dikatakannya, dengan tersedianya perpustakaan daerah, diharapkan dapat menambah khazanah pengetahuan, juga dijadikan referensi dalam mencari literatur untuk berbagai keperluan.

Editor: Zaenal A.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga