Senin, 21 Agustus 2017

Artikel - "Nilai Karakter Kian Menurun di Kalangan Pemuda"

id Nilai Karakter Kian Menurun di Kalangan Pemuda, MAN Model Palangka Raya, Laila Andayani
Artikel -
Laila Andayani
Karakter setiap pribadi berbeda-beda, ada yang bernilai positif dan negatif, bahkan keduanya sekaligus. Dan karakter merupakan salah satu aspek terpenting dalam menunjang kehidupan. 

Tanpa adanya karakter yang bernilai positif, seseorang akan gagal dalam menjadi pribadi yang berkualitas. Oleh sebab itu, pendidikan nilai-nilai karakter wajib kita pupuk sejak dini terutama generasi emas bangsa ini khususnya para pemuda. 

Bagaimanakah dengan nilai karakter pemuda Indonesia saat ini? 

Pada saat ini, nilai-nilai karakter pemuda semakin menurun. Sungguh memprihatinkan, tetapi inilah kenyataannnya. Banyak pemuda yang menyampingkan nilai karakternya demi nilai pengetahuan dan gengsinya. Contohnya adalah melakukan kecurangan dalam ujian, tidak ada kejujuran dan rasa percaya diri dalam pemuda tersebut. 

Contoh lainnya adalah menyampingkan nilai karakter karena mengikuti era globalisasi yang semakin mempengaruhi pola pikir serta karakter pemuda Indonesia. Tanpa adanya nilai karakter yang kuat, pemuda akan semakin mudah terpengaruh dan tentu saja akan berdampak hilangnya keragaman Bangsa Indonesia. 

Keragaman Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang wajib kita syukuri dan lestarikan. Apabila semua pemuda Indonesia menggunakan budaya barat maka keragaman di Indonesia akan semakin berkurang dan kemungkinan besar akan hilang. 

Apakah nilai-nilai karakternya sudah diaktualisasikan? 

Peran pemuda sangatlah penting untuk Bangsa Indonesia, bukan hanya sebagai generasi yang akan melanjutkan perjuangan tetapi juga sebagai tonggak pertahanan. Nilai karakter harus selalu ditanamkan dan dikuatkan sejak dini. 

Bantuan dan dukungan lingkungan sekitar ikut serta dalam aktualiasasi nilai-nilai karakter pemuda. Tanpa adanya nilai karakter yang kuat, Indonesia akan semakin lemah. 

Untuk itu marilah kita sebagai pemuda saling menjaga dan meningkatkan nilai-nilai karakter, agar Indonesia memiliki generasi emas yang mampu bersaing di kancah internasional. 

Penulis: Salah satu pelajar di MAN Model Kota Palangka Raya                      

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga