Sabtu, 24 Juni 2017

Masyarakat Harus Jeli Saat Beli Bingkisan Lebaran

id dprd palangka raya, alfian batnakanti, Bingkisan Lebaran, parcel, Masyarakat Harus Jeli Saat Beli Bingkisan Lebaran
Masyarakat Harus Jeli Saat Beli Bingkisan Lebaran
Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)
...Masyarakat juga harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa barang. Kondisi fisik kemasan juga harus menjadi pertimbangan sebelum membeli,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya Alfian Batnakanti mengimbau masyarakat di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu waspada saat membeli bingkisan Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Masyarakat harus jeli dan selektif dalam membeli parcel lebaran. Masyarakat juga harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa barang. Kondisi fisik kemasan juga harus menjadi pertimbangan sebelum membeli," katanya di Palangka Raya, Senin.

Politisi Gerindra itu mengatakan, barang atau produk makanan maupun minuman yang sudah mendekati tanggal kadaluwarsa sebaiknya jangan dibeli.

Selain itu, cacatan pada kemasan seperti kaleng penyok dan karat pada sambungannya juga jangan dibeli karena hal itu dapat menjadi pertanda barang tersebut sudah rusak atau tak layak konsumsi.

"Jangan sampai tertipu dengan penampilan parcel, namun yang harus kita waspadai adalah masa berlaku barang tersebut," kata Alfian.

Mengonsumsi makanan maupun minuman yang sudah kadaluwarsa bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual dan diare. Jenis makanan hewani lebih berisiko karena kandungan bakteri dampaknya lebih berat daripada sayur atau buah.

Dia mengatakan, untuk melindungi masyarakat dari penjualan parcel kadaluwarsa sebaiknya para penjual mencantumkan alamat dan nama tokonya.

"Dengan mencantumkan alamat dan toko parcel, maka para penjual parcel akan segan melakukan kecurangan, dan apabila ada penjual parcel yang curang maka sebaiknya konsumen melaporkan hal itu ke pihak terkait," katanya.

Untuk itu, pihak terkait menggencarkan pengawasan terhadap berbagai produk yang beredar menjelang perayaan lebaran.

"Kami juga berharap para pemilik toko juga menyediakan porsi parcel khusus untuk produk UMKM dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat mandiri," katanya. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga