Mahasiswa Fisip UMP dalami Komunikasi Pemerintahan

id Mahasiswa Fisip UMP, Riban Satia, pulang pisau

Mahasiswa Fisip UMP dalami Komunikasi Pemerintahan

Dekan FISIP UM Palangka Raya (UMP), Dr HM Riban Satia (berpeci) bersama sejumlah pejabat UMP dan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UMP serta pejabat Pemkab Pulang Pisau usai dialog terkait ilmu kehumasan di kantor Pemkab setempat pada Selasa (20/6/17).

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Palangka Raya melakukan studi pendalaman komunikasi pemerintahan ke Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan Selasa sore dan dirangkai buka puasa bersama dengan mahasiswa UM Palangka Raya Kampus di Pulang Pisau tersebut dipimpin langsung Dekan FISIP UMP Palangka Raya, Dr HM Riban Satia.

"Kegiatan ini merupakan tahap terakhir sosialisasi Prodi Ilmu Komunikasi UM Palangka Raya ke pemerintah daerah di Kalteng. Selain itu ini juga dalam rangka pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, serta upaya kami memberikan kesempatan bagi mahasiswa komunikasi untuk mendalami informasi bagaimana pola kerja pemerintah daerah dalam mengelola informasi baik untuk internal atau eksternal," kata Riban.

Dihadapan para mahasiswa serta seluruh peserta pertemuan, Riban mengatakan jika mahasiswa komunikasi harus mampu mengenal, memahami serta peka terhadap setiap kondisi dan perubahan di internal dan ekaternal lingkungan secara menyeluruh.

"Sehingga nantinya para lulusan ilmu komunikasi mampu menjadi penyambung kedua belah pihak yang yang berkepentingan. Contoh, ketika menjadi humas pemerintah atau swasta maka dia harus mampu menjembatani komunikasi antara pemerintah dan swasta dengan keinginan masyarakat," katanya.

Lebih dari itu, lanjut dia, agat apa yang telah diserap mampu menjadikan mahasiswa lebih produktif ketika lulus dan mengabdi kepada masyarakat, khususnya di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Dalam kesempatan itu, pihaknya melalui juga menyatakan siap bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dalam menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik di lingkungan masyarakat umum maupun di lingkungan pemerintahan melalui program perguruan tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Riban yang juga sebagai Wali Kota Palangka Raya itu didampingi Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Junaidi, Wakil Rektor IV UM Palangka Raya, Dr M Yusuf serta sejumlah dosen serta pegawai FISIPOL UM Palangka Raya.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di aula Pemkab Pulang Pisau tersebut, rombongan diterima langsung Plt Sekda Pemkab Pulpis Saripudin serta sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten yang sebagian wilayahnya juga berbatasan langsung dengan Kota Palangka Raya ini.

"Sebagai kabupaten pemekaran kami juga mengakui bahwa SDM di lingkup pemerintahan dan masyarakat secara umum harus terus ditingkatkan. Untuk itu, kami selaku pemkab menyambut baik kehadiran Kampus III UM Palangka Raya di kabupaten ini," kata Plt Sekda Pemkab Pulpis Saripudin.

Pihaknya pun juga akan mempelajari dan menjajaki kerjasama dengan pihak UM Palangka Raya dalam upaya peningkatan kualitas SDM di kabupaten setempat.