Pemprov Alokasikan Anggaran Rp12 Miliar Untuk Jalan Seruyan

id bupati seruyan, Sudarsono, Pemprov Alokasikan Anggaran Rp12 Miliar Untuk Jalan Seruyan

Pemprov Alokasikan Anggaran Rp12 Miliar Untuk Jalan Seruyan

Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengalokasikan anggaran Rp12 miliar untuk peningkatan ruas jalan penghubung antarkecamatan di Kabupaten Seruyan.

Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Rabu, mengatakan anggaran Rp12 miliar digunakan untuk peningkatan ruas jalan penghubung dari Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya-Desa Telaga Pulang Kecamatan Danau Sembuluh-Kuala Pembuang.

"Namun kita belum tahu pasti titik mana saja yang akan ditangani oleh pihak provinsi, tapi pekerjaannya akan dilaksanakan tahun ini juga," katanya.

Ia menjelaskan pembangunan jalan penghubung Kuala Pembuang-Telaga Pulang-Bangkal memiliki peran yang sangat penting untuk memajukan perekonomian di kabupaten berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring", karena jalan tersebut merupakan jalan akses yang dapat menghubungkan Kuala Pembuang dengan sejumlah kecamatan lainnya.

"Dengan selesai dan berfungsinya jalan itu, maka akan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur lainnya dan mendukung operasional Pelabuhan Samudera Teluk Segintung, dengan demikian perekonomian masyarakat dan PAD Seruyan akan meningkat," katanya.

Menurutnya, pembangunan jalan akses di Seruyan memerlukan dana yang cukup besar sehingga tidak bisa hanya diselesaikan dengan menggunakan APBD Seruyan.

Secara keseluruhan diperlukan infrastruktur jalan yang cukup panjang, yakni kurang lebih 500 kilometer untuk menghubungkan seluruh kecamatan di Seruyan, mulai dari ibukota kabupaten atau Kuala Pembuang hingga kecamatan terakhir, Kecamatan Suling Tambun.

"Makanya kita terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan jalan di Seruyan, sehingga dana yang bersumber dari APBD Kabupaten bisa digunakan untuk program pembangunan lain," katanya.