Pemprov Kalteng Gelar Pawai Takbir Berhadiah

id Pawai Takbir, Pemprov Kalteng, Berhadiah

Pemprov Kalteng Gelar Pawai Takbir Berhadiah

Ilustrasi, Pawai Gema Takbir, (www.antarafoto.com)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Pengurus Panitia Hari Besar Islam setempat menggelar pawai Takbir berhadiah belasan juta rupiah bagi peserta yang mendesain kendaraannya menarik serta penuh makna Islami.

Pawai Takbir dalam rangka memeringati Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah yang rencananya dilaksanakan 24 Juni akan langsung dilepas Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Ismail serta unsur pimpinan daerah lainnya, kata Bendahara Panitia Pelaksana Pawai Takbir Agus Pramono di Palangka Raya, Kamis.

"Pawari Takbir sebenarnya rutin dilaksanakan setiap tahun, tapi agar lebih menarik disediakan sejumlah hadiah. Kita berharap ini bisa semakin menambah semangat peserta untuk mendekorasi kendaraannya, bukan sekedar formalitas saja," tambahnya.

Hadian bagi peserta yang hiasan kendaraannya terbaik pertama akan diberikan Rp10 juta, kedua Rp7,5 juta dan juara ketiga Rp5 juta. Sedangkan untuk kriteria penilaian diantaranya nuansa, ragam, dekorasi dan sejumlah aspek lainnya.

Panitia membuat rute Pawai Takbir tahun ini terlibang pangjang, di mulai dari Jalan Ahmad Yani, menuju jalan Murjani, terus ke jalan Diponegoro, jalan G Obos, jalan Galaxy Raya, Jalan Yos Sudarso dan berakhir di Bundaran Besar.

"Pawai Takbir ini kan masih ada dua hari lagi, kita berharap berbagai elemen yang akan mengikuti bisa mengkonsep dan mendesain kendaraannya semenarik mungkin dan penuh makna Islami," kata Purnomo yang juga Kepala Bagian di Biro Kesra Setda Pemprov Kalteng.

Informasi sementara yang diterima Panitia Pelaksana, Pawai takbir akan diikuti pengurus sejumlah Masjid di Palangka Raya, instasi pemerintah, Perguruan tinggi Negeri maupun Swasta, perbankan, hingga berbagai Komunitas.

Purnomo mengatakan jumlah peserta diperkirakan ratusan bahkan ribuan, sehingga aparat kepolisian telah dikoordinasikan untuk mengawal dan mengamankan kegiatan serta rute yang telah disusun panitia.

"Pawai Takbir ini sekaligus ajang silaturahmi antara umat muslim di Kalteng, khususnya di Kota Palangka Raya. Kami berharap Pawai ini bermanfaat bagi semua pihak," demikian Purnomo.