Bupati Barito Utara Luncurkan Listrik Desa Sikui

id bupati barut, Nadalsyah, Bupati Barito Utara Luncurkan Listrik Desa Sikui

Bupati Barito Utara Luncurkan Listrik Desa Sikui

Bupati Barito Utara Nadalsyah meluncurkan listrik desa dari jaringan PLTMG di Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru, Jumat. (Foto Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, H Nadalsyah meluncurkan beroperasinya listrik desa di Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru yang merupakan listrik dari jaringan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas wilayah PT PLN Muara Teweh.

Dalam peluncuran itu Bupati Nadalsyah didampingi Sekretaris Daerah pemkab Barito Utara Jainal Abidin, Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Inf Adhy Giri Ibrahim dan pejabat lainnya di Masjid Ahmad Bakeri disaksikan ratusan masyarakat setempat diiringi sholawat dan ucapan syukur di Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru, Jumat.

Menurut Nadalsyah peluncuran listrik desa adalah untuk melaksanakan program pemerintah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya untuk memenuhi ketersediaan energi listrik desa-desa di Barito Utara termasuk di Desa Sikui untuk sementara sampai kilometer 30 ruas Jalan Negara Muara Teweh-Banjarmasin.

Ia berharap kegiatan itu semakin memberi kemajuan kepada daerah setempat.

"Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat atas dukungannya telah merelakan dan mengiklaskan tanam tumbuhnya di sekitar tempat pendirian tiang dan tempat pemancangan kabel PLN, ke depannya dengan dukungan semua pihak maka keteraliran listrik akan cepat kita realisasikan rasakan bersama di Barito Utara yang kita cinta ini," ujar Nadalsyah.

Manajer Rayon PLN Muara Teweh Permono Gunawan mengatakan kegiatan itu merupakan silaturahmi dengan masyarakat dan peluncuran bisa terwujud atas bantuan serta dukungan Bupati Barito Utara H Nadalsyah sehingga listrik nantinya akan dirasakan bisa menyala selama 24 jam sehari semalam secara berkelanjutan.

"Untuk mendukung kesediaan listrik di Desa Sikui ini kami bangun trafo distribusi dari 20 kilovolt menjadi 380 volt. Ini merupakan kado Lebaran untuk masyarakat Sikui dengan beroperasinya listrik PLN di desa setempat," kata dia.

Setelah di Desa Sikui kegiatan serupa juga nanti akan dilaksanakan di Desa Majangkan, Baliti, Ketapang, Rarawa, serta Malungai di Kecamatan Gunung Timang.

"Kemudian program PLN akan memberikan penaikan daya sesuai permintaan masyarakat secara gratis," ujarnya.

Jaringan listrik di Desa Sikui merupakan dari produksi Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai di Desa Karendan Kecamatan Lahei dengan daya 130 megawatt (MW) dari rencana daya 155 MW dengan ratusan tower jaringan kabel saluran udara tegangan tinggi (SUTT) dengan daya 150 kilovolt yang dibangun hingga Buntok Kabupaten Barito Selatan dan Tanjung, Kalimantan Selatan.