Nah! Pemudik Diimbau Tak Gunakan Kendaraan Terbuka

id dprd palangka raya, Rusliansyah, Pemudik Diimbau Tak Gunakan Kendaraan Terbuka

Nah! Pemudik Diimbau Tak Gunakan Kendaraan Terbuka

Anggota DPRD Palangka Raya, Rusliansyah (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, mengimbau warga yang akan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri 1438 Hijriah tidak menggunakaan mobil bak terbuka membawa keluarganya.

"Kendaraan bak terbuka tidak untuk mengangkut penumpang karena membahayakan. Kalau ada yang menggunakan kendaraan bak terbuka sebaiknya petugas di posko lebaran dapat memberi peringatan khusus," kata Rusliansyah saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Jumat.

Pernyataan Ketua Komisi C DPRD "Kota Cantik" Palangka Raya ini diungkapkannya mengingat saat libur lebaran banyak masyarakat yang ingin berlibur dan merayakan lebaran di kampung halaman menggunakan berbagai jenis kendaraan dan angkutan.

"Sekali lagi jangan tempatkan penumpang di mobil dengan bak terbuka. Jika banyak keluarga dan hanya memiliki mobil jenis tersebut, akan lebih baik jika penumpang lainnya menggunakan angkutan umum," kata Rusliansyah.

Selanjutnya, politisi Golkar ini juga mengingatkan agar para pemudik yang akan pulang kampung tidak memacu kendaraan terlalu kencang dan ugal-ugalan saat berkendara.

"Meski sejumlah jalan dari Palangka Raya menuju luar daerah tergolong sepi tetapi sebaiknya pemudik, baik yang menggunakan mobil ataupun motor jangan memacu kendaraan terlalu berlebihan karena sangat berbahaya," katanya.

Dia mengatakan bahwa meski terkadang jalan lengang, tetapi kondisi jalan yang berkelok dan sebagian sempit menyebabkan baya tersendiri bagi pengendara.

Meskipun rata-rata jalan yang dilalui pemudik kondisinya baik, namun keadaan tersebut juga berpotensi menjadi penyebab kecelakaan jika pengendara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena jika ada kejadian yang mendadak akan sulit mengendalikan laju kendaraan.

"Justru jalan yang lengang dengan kondisi mulus itu biasanya akan dimanfaatkan pemudik untuk memacu kendaraannya dengan kecepatan yang sangat tinggi," katanya.

Dia pun mengimbau calon pemudik memastikan kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan baik dan laik jalan dan kondisi fisik pemudik prima guna memastikan keamanan selama perjalanan.

"Jika di tengah perjalanan merasa lelah agar pemudik segera beristirahat dan memilih lokasi yang ramai guna mencegak hal-hal yang tidak diinginkan," kata Rusli.