Ratusan Kendaraan Berhias Masjid Meriahkan Pawai Takbir Berhadiah

id takbir berhadiah, pawai takbir, PHBI Kalteng, Gubernur Kalteng

Ratusan Kendaraan Berhias Masjid Meriahkan Pawai Takbir Berhadiah

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi sejumlah pejabat lainnya melepas Pawai Takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri, di Sanaman Mantikei Kota Palangka Raya, Sabtu malam. (Foto Antara Kalteng/Jaya WM)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ratusan kendaraan roda empat berhias miniatur masjid serta kendaraan roda dua ikut memeriahkan pawai takbir berhadiah diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Pengurus Panitia Hari Besar Islam Kalteng.

Ketua Pelaksana sekaligus Ketua PHBI Kalteng M Hatta di sela acara, di Sanaman Mantikei, Sabtu malam, mengatakan para peserta yang mengikuti pawai ini berasal dari pondok pesantren, pengurus masjid, organisasi keagamaan, pemerintah provinsi, pemerintah kota serta berbagai komunitas.

"Jumlah peserta yang mengikuti tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pawai takbir tahun ini pun semakin meriah dan inovatif karena para peserta menghias kendaraannya sangat variatif," katanya.

Pawai takbir yang dilepas Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ini turut dihadiri Wakil Gubernur Ismail, Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak, Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia, Kapolda Kalteng Anang Revandoko, Danrem 102 Panju Panjung Kol Arm M Naudi Nurdika serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kalteng dan Kota Palangka Raya.

Hatta mengatakan rute pawai takbir tahun ini dimulai dari halaman Sanaman Mantikei, menuju Jalan Ahmad Yani, ke Jalan Murjani, terus ke Jalan Diponegoro, Jalan G Obos, Jalan Galaxy Raya, Jalan Yos Sudarso dan berakhir di Bundaran Besar.

"Dewan juri telah disebar pada beberapa lokasi yang dilewati peserta untuk dilakukan penilaian. Nantinya pemenang akan diumumkan sekaligus diserahkan hadiahnya di Bundaran Besar Palangka Raya," katanya lagi.

Kriteria penilaian di antaranya nuansa, ragam, dekorasi dan sejumlah aspek lainnya.

Sedangkan hadiah bagi peserta dengan hiasan kendaraan terbaik pertama akan diberikan Rp10 juta, kedua Rp7,5 juta, dan juara ketiga Rp5 juta.

Ketua Panitia mengatakan pawai takbir ini bertujuan menyambut Idulfitri 1438 Hijriah, wujud kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, serta meningkatkan silaturahmi antarumat Islam, sekaligus kerukunan antarumat beragama.

"Kami mengapresiasi semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga pawai takbir ini diikuti ratusan peserta. Ini luar biasa. Semoga bermanfaat bagi kita bersama sekaligus kemajuan pembangunan demi terwujud Kalteng Berkah," demikian Hatta.