Silaturahmi Non-Muslim Pada "Open House" Bukti Keharmonisan Kalteng Terjaga

id dprd kalteng, abdul razak, open house,

Silaturahmi Non-Muslim Pada "Open House" Bukti Keharmonisan Kalteng Terjaga

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak. (Foto Antara Kalteng/Jaya WM)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak menyebut berkunjungnya pejabat nonmuslim untuk bersilaturahmi pada Hari Idul Fitri dan rutin dilakukan setiap tahun sekaligus membuktikan bahwa keharmonisan tetap terjaga dan terjalin dengan baik di provinsi nomor dua terluas di Indonesia ini.

Pernyataan mantan Ketua DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Kalteng ini usai menerima kedatangan sejumlah pejabat nonmuslim yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kalteng Renhard Atu Narang di kediamannya Kota Palangka Raya, Minggu.

"Pak Atu Narang setiap Idul Fitri memang selalu berkunjung. Kita yang beragama Islam juga mengunjungi beliau saat Hari Natal. Di Kalteng ini biasa saling berkunjung saat hari besar keagamaan," kata Razak.

Wakil Rakyat dari daerah pemilihan I DPRD Kalteng meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini berpesan, Hari Idul Fitri 1438 H ini menjadi momentum tepat untuk semakin meningkatkan kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama.

Dia mengatakan empat pilar berbangsa yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus menjadi landasan dalam kehidupan setiap masyarakat.

"Semoga di hari yang Fitri ini, berbagai isu radikal, intoleran, memaksakan kehendak dan bertentangan dengan Pancasila bisa terminimalisir. Rasa Persatuan, kebersamaan dan keberagaman benar-benar kita perkuat bahkan semakin ditingkatkan," kata Abdul Razak.

Rombongan pejabat nonmuslim yang dipimpin Ketua DPRD Kalteng Renhard Atu Narang juga mengunjungi pejabat, di antaranya Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak, Kapolda Kalteng Brigjend Pol Anang Revandoko, Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Arm M Naudi Nurdika, dan Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia.

Ketua Komisi A DPRD Kalteng Freddy Ering ikut dalam rombongan pejabat nonmuslim mengatakan, kunjungan yang rutin dilaksanakan setia Idul Fitri ini bukan hanya meningkatkan silaturahmi, namun juga menunjukkan kepada seluruh masyarakat bahwa hubungan antar pejabat di Kalteng terjalin sangat baik.

"Kalau hubungan antar pejabat rukun, secara otomatis akan berdampak kepada masyarakat. Kita ingin Kalteng selalu menjadi contoh dalam hal kebersamaan dan kerukunan. Kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi saudara-saudari yang merayakannya. Mohon maaf lahir dan batin," demikian Freddy.