Lebaran, 4 Toko Pasar Besar Palangka Raya Terbakar

id pasar martapura terbakar, kebakaran, pasar besar terbakar, hamidan, Lebaran, 4 Blok Pasar Besar Palangka Raya Terbakar

Lebaran, 4 Toko Pasar Besar Palangka Raya Terbakar

Ketua Pasar Besar kota Palangka Raya, Hamidan (dua kiri) saat turun langsung ke kawasan komplek Pasar Martapura Jalan Lombok dan Jawa yang hampir habis terbakar. (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Hari pertama Idul Fitri empat toko di kawasan komplek Pasar Martapura Jalan Lombok dan Jawa, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah hampir habis terbakar.

Ketua Pasar Besar kota Palangka Raya, Hamidan, Minggu ( 25/6/17) malam mengatakan, kejadian kebakaran terjadi kurang lebih pukul 21.15 Wib.

"Dari informasi yg saya dapat dari sejumlah warga, diduga kebakaran berasal dari arus pendek listrik dan kompor minyak," kata Hamidan.

Pria yang murah senyum itu mengatakan, bahwa kebakaran di pasar tersebut sering terjadi akibat korsleting atau arus pendek listrik.

Dia berharap pihak PLN bisa segera turun langsung untuk segera memperbaiki instalasi kelistrikkan yang dinilai semrawut sehingga diduga sering memicu kebakaran di kawasan Pasar Besar "Kota Cantik" Palangka Raya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas SDA, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Wawan Berlinson saat dikonfirmasi mengatakan kronologis kejadian api terjadi di salah satu toko yang berisi sayur dan buah-buahan itu diduga akibat arus pendek listrik.

Selanjutnya, api bisa dijinakan dengan sigap saat petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian, sehingga api dapat di antisipsi.

"Sekitar kurang lebih pukul 21.35 Wib api dapat kami jinakan setelah sejumlah Barisan Pemadam Kebakaran yang ada di kota Palangka Raya datang meluncur ke tempat kejadian perkara," katanya.

Untuk kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah dan untuk korban jiwa tidak ada.

Sedangkan di kawasan tersebut sudah diberikan garis polisi agar memudahkan pihak kepolisian mengidentifikasi akibat kejadian kebakaran tersebut.