Legislator Ini Minta Pemkab Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok

id dprd kotim, Jainudin Karim, Legislator Ini Minta Pemkab Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok

Legislator Ini Minta Pemkab Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok

Ilustrasi - Penjualan daging sapi. (Istimewa)

Sampit (Antara) - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Jainudin Karim meminta pemerintah kabupaten itu untuk mengintervensi dan mengendalikan harga kebutuhan pokok yang masih tinggi agar tidak terus naik.

"Dengan campur tangan pemerintah daerah diharapkan harga kebutuhan bisa lebih ditekan dan kembali stabil seperti sebelum Ramadhan," kata Jainudin

Jainudin mengungkapkan, harga kebutuhan pokok yang sampai saat ini masih tinggi adalah daging sapi berkisar antara Rp125.000/kg hingga Rp145.000/kg. Kenaikan harga itu terjadi sejak H-1 Lebaran hingga sekarang.

Kemudian bawang merah berkisar antara Rp35.000/kg hingga Rp55.000/kg. Bawang putih berkisar antara Rp45.000/kg hingga Rp55.000/kg.

Begitu juga dengan harga cabai merah untuk sayur mencapai Rp120.000/kg hingga Rp150.000/kg. Ayam potong Rp30.000/kg hingga Rp38.000/kg. Ayam kampung Rp60.000/kg hingga Rp75.000/kg.

"Pasca Lebaran pasokan bahan kebutuhan dari daerah lain bisa diharapkan bisa berjalan lancar, sehingga harga bisa normal kembali," katanya.

Harga yang masih tinggi pada sejumlah bahan kebutuhan pokok menyebabkan banyak ibu rumah tangga yang kebingungan mengatur uang belanjanya.

Sementara itu berdasarkan pantauan, pasca Lebaran aktivitas di pasar tradisional Sampit, seperti pasar keramat, Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) dan pasar tradisional terminal di Jalan MT Haryono Sampit belum berjalan normal.

Banyaknya pedagang yang masih belum berjualan lantaran libur Lebaran membuat bahan kebutuhan yang tersedia di pasar terbatas, sehingga memicu harga tetap tinggi.

Diperkirakan pada Jumat (30/6) nanti aktivitas pedagang di sejumlah pasar tradisional baru akan mulai normal.