Jumlah Wisatawan Pantai Ujung Pandaran Diprediksi Turun

id pantai ujung pandaran, libur lebaran

Jumlah Wisatawan Pantai Ujung Pandaran Diprediksi Turun

Objek wisata Pantai Ujung Pandaran selalu ramai dikunjungi wisatasan, yang tidak hanya dari Kalimantan Tengah, bahkan juga berasal dari Kalimantan Selatan. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata pantai Ujung Pandaran Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diprediksi sedikit turun dibanding saat libur Lebaran tahun lalu.

"Contohnya saat hari kedua Lebaran. Pengunjung memang tetap ramai, tapi tidak sebanyak dibanding Lebaran hari kedua tahun lalu. Dulu itu sangat padat," kata Camat Teluk Sampit, Samsurijal di Sampit, Selasa.

Pantai Ujung Pandaran terletak di Kecamatan Teluk Sampit, sekitar 85 kilometer dari pusat kota Sampit. Setiap libur lebaran, pantai yang menghadap Laut Jawa itu selalu dipadati puluhan ribu wisatawan lokal dan luar daerah.

Namun sejauh ini, pengunjung pantai Ujung Pandaran dinilai tidak seramai dulu. Begitu pula antrean kendaraan yang masuk ke kawasan objek wisata tersebut, tidak sepadat saat musim lebaran tahun lalu.

Samsurijal memperkirakan, makin banyaknya alternatif tempat hiburan di kawasan kota Sampit, turut berdampak terhadap pengunjung pantai Ujung Pandaran. Apalagi untuk menuju Ujung Pandaran, warga harus menempuh perjalanan hampir dua jam dari Sampit.

"Sekarang di Sampit ada bioskop yang baru buka saat lebaran tadi. Wahana permainan air juga makin banyak. Saya rasa ini berpengaruh terhadap pengunjung pantai Ujung Pandaran karena kini masyarakat makin banyak alternatif objek wisata pilihan di kawasan kota," kata Samsurijal.

Meski begitu, Samsurijal masih berharap jumlah total pengunjung dalam libur Lebaran tahun ini akan lebih banyak dibanding tahun lalu. Alasannya, cuti bersama Lebaran tahun ini lebih lama dan masih tersisa beberapa hari sehingga ada harapan pengunjung pantai Ujung Pandaran akan bertambah.

Samsurijal mengaku belum mendapat laporan perkembangan jumlah wisatawan yang berkunjung ke pantai Ujung Pandaran hingga saat ini, karena pengelolaan penjualan tiket ditangani Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur.

Berdasarkan data, jumlah pengunjung pantai Ujung Pandaran pada libur lebaran 2016 lalu mencapai 60.000 orang. Mereka tidak hanya warga Kotawaringin Timur, tetapi juga berasal dari daerah lain di Kalimantan Tengah.