Wakapolda Kalteng Pantau Pos Ramadniya Seruyan, Ada Apa?

id polda kalteng, kombes dedi prasetyo, operasi ramadniya

Wakapolda Kalteng Pantau Pos Ramadniya Seruyan, Ada Apa?

Wakil Kepala Polda Kalteng Kombes Pol Dedi Prasetyo. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Wakil Kepala Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol Dedi Prasetyo melakukan kunjungan ke Kabupaten Seruyan untuk memantau langsung sejumlah pos pelayanan dan pengamanan masyarakat dalam Operasi Ramadniya Telabang 2017 di kabupaten tersebut.

"Kehadiran saya guna mengecek kesiapsiagaan Polres Seruyan bersama jajarannya dalam menjalankan Operasi Ramadniya," katanya di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia mengatakan, selain melihat langsung sejumlah Pos Ramadniya, kunjungannya kali ini adalah untuk melihat langsung kesiapan personel Polres Seruyan dalam mengantisipasi berbagai bentuk gangguan atau ancaman yang terjadi di masyarakat, salah satunya adalah terorisme.

"Kita harus selalu siap siaga dan jangan sampai lengah terhadap segala bentuk ancaman dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, secara umum situasi kamtibmas di Kalteng tiga hari setelah Idul Fitri 1438 Hijriah dalam keadaan kondusif. Bahkan angka kecelakaan dan kriminalitas di sejumlah kabupaten mengalami penurunan.

"Tapi tetap kita tidak boleh lengah, dan kesiapsiagaan adalah salah satu kunci dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat dan keselamatan kepada seluruh anggota kepolisian," kata Wakapolda Kalteng.

Sementara itu Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu`min Wijaya mengatakan, pihaknya telah menyiapkan empat pos pelayanan dan pengamanan dalam rangka mendukung Operasi Ramadniya Telabang 2017 hingga 4 Juli mendatang.

"Pos itu disiapkan untuk mengamankan aktivitas masyarakat selama Idul Fitri 1438 Hijriah, baik arus mudik dan balik maupun objek wisata serta tempat-tempat keramaian lainnya," katanya.

Mantan Kasubdit I Dit Narkoba Polda Kalteng ini menjelaskan, empat Pos Ramadniya terdiri dari satu pos terpadu di Lapangan Gagah Lurus Kuala Pembuang, satu pos pelayanan di objek wisata Sungai Bakau Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, dan dua pos pengamanan di Jalan Trans Kalimantan Sampit - Pangkalan Bun masing-masing di Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya dan di Desa Pembuang Hulu Kecamatan Hanau.

Selain personel kepolisian, operasi yang telah menjadi agenda rutin tahunan ini melibatkan unsur lain seperti TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Pemadam Kebakaran, serta Sentra Komunikasi (Senkom) Polri.

"Kita berharap dengan adanya dukungan serta pihak lain yang ikut terlibat, maka operasi yang bertujuan untuk mengamankan lebaran ini dapat berjalan lancar hingga selesai," katanya.