Arus Balik Penumpang Bus Muara Teweh Ramai

id terminal muara teweh, arus balik di muara teweh, bus

Arus Balik Penumpang Bus Muara Teweh Ramai

Terminal bis PBB Muara Teweh. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Jumlah penumpang bus di Terminal Pasar Bebas Banjir (PBB) Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, pada arus balik dua hari setelah Lebaran 2017 mulai ramai.

"Arus balik penumpang yang berangkat di terminal PBB ramai," kata petugas UPTD Terminal PBB Muara Teweh, Bawai Hidayat, Selasa malam.

Bawai Hidayat menyebutkan penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP), Selasa (27/6) malam diberangkatkan dua unit bis masing-masing penumpang sekitar 25 orang atau meningkat daripada hari biasa yang rata-rata lima - 10 orang,

Meski arus balik mulai padat, kata dia, jumlah penumpang yang akan berlebaran di masing-masing kampung halaman melalui terminal itu belum seramai tahun lalu.

"Berkurangnya penumpang di terminal bis PBB Muara Teweh ini karena banyaknya angkutan alternatif di antaranya mobil `travel`," katanya.

Puncak balik penumpang angkutan bus ini diperkirakan pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7) untuk jurusan Muara Teweh-Banjarmasin



Malam hari

Penumpang bus di Terminal Muara Teweh umumnya diangkut pada malam hari, sedangkan pada pagi hari tidak ada yang diberangkatkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Barito Utara, Iwan Fikri memprakirakan angkutan Lebaran melalui terminal PBB Muara Teweh berkurang.

Menurut dia, dengan banyaknya armada travel mobil plat kuning dan pelat hitam itu menjadi alternatif masyarakat untuk acara mudik dalam lima tahun terakhir ini.

"Memang jumlah penumpang Lebaran tahun lalu hampir mencapai ribuan orang. Namun, angka ini kemungkinan berkurang karena terbagi dengan angkutan jasa operator `travel`," katanya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Iwan Fikri mengatakan pihaknya menjamin dalam arus mudik dan balik untuk angkutan darat semua terangkut.

Menurut dia, puncak balik penumpang di terminal bus di kabupaten pedalaman Sungai Barito ini biasanya terjadi mulai H+ 5 dan H+6 dengan sarana armada tahun 2017 yang tersedia hanya 11 unit bus dan travel atau mini bus mencapai 40 unit.

Tarif bus dengan rute Muara Teweh-Banjarmasin, Kalimantan Selatan Rp100.000 per penumpang sedangkan travel jurusan Muara Teweh - Banjarmasin dan Muara Teweh-Palangka Raya masing-masing Rp200.000 per orang.

"Sebelumnya angkutan bus di Muara Teweh mencapai sepuluhan perusahaan, namun sekarang hanya dua perusahaan yaitu Maju Bersama Group dan Yuliana (YL) setiap harinya hanya bisa memberangkatkan 1-2 unit bus," kata Iwan.