Arus Balik di Pelabuhan Sampit Mulai Kamis

id arus balik di pelabuhan sampit, pelabuhan sampit, pelni sampit

Arus Balik di Pelabuhan Sampit Mulai Kamis

KM Binaiya mengangkut 742 penumpang jurusan Sampit-Semarang dan KM Kirana III mengangkut 650 penumpang jurusan Sampit-Surabaya. Arus balik penumpang kapal laut di pelabuhan Sampit diperkirakan mulai Kamis (29/6/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Arus balik Idul Fitri 1438 Hijriah di Pelabuhan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, akan dimulai Kamis (29/6), namun dengan jumlah penumpang yang masih normal.

"Arus penumpang balik Lebaran diperkirakan pada Kamis depan masih normal jumlahnya. Belum ada peningkatan signifikan," kata Kepala PT Pelni Cabang Sampit, Agus Suprijatna di Sampit, Selasa.

Berdasarkan jadwal PT Pelni, ada satu kapal akan tiba di Pelabuhan Sampit pada Kamis nanti yakni KM Lawit dari Surabaya.

Berdasarkan laporan sementara, kapal itu akan mengangkut sekitar 500 hingga 600 penumpang.

Jumlah tersebut masih jauh lebih sedikit dibanding saat arus mudik lalu yang mencapai jumlah maksimal yakni 1.600 penumpang. Usai menurunkan penumpang di Pelabuhan Sampit, KM Lawit akan mengangkut penumpang menuju Semarang.

Kepala Polsek Kawasan Pelabuhan Mentaya, Iptu Irfan Muhammad Nur Ali Reza mengatakan, pihaknya terus bersiaga meski saat ini tidak ada aktivitas di Pelabuhan Sampit karena belum ada kedatangan dan keberangkatan kapal pengangkut penumpang.

"Kami selalu berjaga. Untuk pengamanan arus balik nanti, kami juga selalu siap seperti yang kami lakukan saat pengamanan arus mudik lalu," kata Irfan.

Sementara itu, banyak pihak memprediksi jumlah penumpang arus balik akan meningkat dibanding saat arus mudik. Penyebabnya adalah kecenderungan pekerja dari luar daerah yang kembali ke Kotawaringin Timur dengan membawa serta kerabat atau rekan mereka yang ingin mencari pekerjaan di daerah ini.

Sebagian besar pemudik melalui Pelabuhan Sampit merupakan pekerja perkebunan kelapa sawit yang berasal dari berbagai daerah di pulau Jawa. Arus balik lebaran melalui Pelabuhan Sampit biasanya berlangsung hingga satu bulan.