Cegah Pelaku Teroris Masuk, Ini Tindakan yang Dilakukan Brimob Polda Kalteng!

id Polda Kalteng, kalteng, meminamilisir pelaku teroris, Cegah Pelaku Teroris, Ini Tindakan yang Dilakukan Brimob Polda Kalteng

Cegah Pelaku Teroris Masuk, Ini Tindakan yang Dilakukan Brimob Polda Kalteng!

Kepala Biro Oprasi Polda Kalteng Kombes Pol Tetra Megayanto Putra menyampaikan situasi dan kondisi Kalteng setelah lebaran yang selama ini dinilai kondusif di Palangka Raya, Rabu (28/6/17). (Foto Antara Kalteng/Abow)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Guna mencegah masuknya para pelaku teroris di Provinsi Kalimantan Tengah, Polda setempat menyebar pasukan Brigadir Mobil (Brimob) bersenjata lengkap untuk menjaga pintu masuk di tiga kabupatan dan satu kota.

"Pintu masuk kalimantan yang di beck-up oleh berimob masing-masing satu Polres ada satu pleton anggota. Tiga daerah itu Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan Kota Palangka Raya," kata Kepala Biro Oprasi Polda Kalteng Kombes Pol Tetra Megayanto Putra di Palangka Raya ketika mengelar jumpa pers mengenai situasi kamtibmas di Kalteng setelah lebaran, Rabu.

Tetra menegaskan, dari tiga kabupaten yang memiliki pelabuhan laut tentunya menjadi atensi pihak kepolisian. Pasalnya pintu masuk ke bumi tambun bungai tersebut bisa ditempuh melalui pelabuhan tersebut. Sedangkan Kota Palangka Raya melalui jalur udara, namun kecil kemungkinan para teroris masuk melalui jalur udara.

"Kendati wilayah kita kondusif dan tidak ada hal-hal yang seperti di Polda Sumut dan Jateng, waspada harus diutamakan. Paling tidak kita meminamilisir tiga pintu masuknya masyarakat dari luar Kalteng melalui jalur laut dan darat," kata dia.

Tidak menutup kemungkinan arus balik lebaran yang puncaknya bakal terjadi dalam dua hari ini. Pihaknya akan melakukan pemeriksaan kepada penumpang kapal yang hendak masuk di tiga kabupaten tersebut.

"Kapuas kita memeriksa dari jalur darat, Kotim dan Kobar kita akan memeriksa melalui jalur air atau tiap pelabuhan yang mengangkut penumpang yang hendak balik ke daerahnya masing-masing dengan cara selektif," beber perwira melati tiga itu.

Tidak menutup kemungkinan, tambah Tetra, setiap perbatasan Kalteng dan provinsi tetangga juga terus dilakukan pemantauan. Pihaknya tidak mau kecolongan sedikitpun dari aksi kejahatan maupun teroris yang bisa membuat gaduh di tanah dayak yang selama ini selalu kondusif.