Ketua DPRD Barsel Penggunaan DD Perlu Pengawasan Semua Elemen

id dprd barsel, Tamarzam, Penggunaan DD Perlu Pengawasan Semua Elemen

Ketua DPRD Barsel Penggunaan DD Perlu Pengawasan Semua Elemen

Ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, meminta semua elemen mengawasi penggunaan Dana Desa (DD), dan Alokasi Dana Desa di wilayah setempat.

"Saya minta semua elemen baik masyarakat maupun pemerintah terus mengawasi pengunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan DD agar tidak terjadi penyelewengan,"kata ketua DPRD Barsel Tamarzam, di Buntok, Selasa.

Karena lanjut dia, setiap desa yang menerima dana ADD dan DD di Barito Selatan ini Rp 1 miliar lebih, dan dengan besarnya dana tersebut, sangat rawan terjadinya penyimpangan.

Menurut dia, untuk mengantisipasi serta mencegah terjadinya penyimpangan, selain pengawasan yang ketat juga perlu adanya bimbingan secara khusus terhadap aparatur desa dari instansi terkait.

"Hal tersebut agar penggunaan dananya bisa dengan baik serta tranparan, dan tidak tejadi penyelewengan dalam pelaksanaannya,"ucap ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam.

Sebab lanjut dia, kalau pelaksanaannya tidak benar dan tidak transparan, ditakutkan kemungkinan akan terjadi penyelewengan yang merugikan negara atau daerah.

Selain itu ia berharap kepada aparatur desa agar bisa mengelola ADD dan DD tersebut dengan baik, benar dan transparan.

"Hal tersebut agar tidak bersentuhan dengan hukum, dan hasil pembangunan yang dilaksanakan menggunakan dana tersebut bisa dirasakan masyarakat di desanya masing-masing,"demikian Tamarzam.