Mantap! Ketua DAD Ini Dukung Pemindahan Ibu Kota RI ke Palangka Raya

id Pemindahan Ibu Kota, ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran, Ketua DAD Ini Dukung Pemindahan Ibu Kota RI ke Kalteng, ibu kota

Mantap! Ketua DAD Ini Dukung Pemindahan Ibu Kota RI ke Palangka Raya

Ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran (tengah). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Saya selaku orang Kalteng asli sangat bangga apabila wacana itu benar terealisasi. Lahan di Kalteng ini memang sangat luas dan layak menjadi ibu kota negara...
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran mendukung wacana pemindahan Ibu Kota Negara RI ke Kalimantan yang baru-baru ini kembali mencuat dibahas pemerintah pusat melalui Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro.

"Saya selaku orang Kalteng asli sangat bangga apabila wacana itu benar terealisasi. Lahan di Kalteng ini memang sangat luas dan layak menjadi ibu kota negara. Bahkan Mentri Bappenas juga terus melakukan pengkajian mengenai hal ini," kata Agustiar ketika disambangi di Istana Isen Mulang, Rabu.

Menurut dia, keuntungan sudah tentu bakal didapat oleh Kalteng dengan adanya perpindahan ibu kota ke Palangka Raya. Baik itu dari segi infrastruktur, perekonomian bakal meningkat serta perubahan wajah kota dari yang tertinggal akan lebih baik lagi dari sebelumnya.

"Kalau kajian dari Menteri Bappenas menyatakan Palangka Raya layak jadi Ibu Kota Negara, tentunya masyarakat sudah siap dengan peralihan tersebut, kendati nantinya "Kota Cantik" Palangka Raya akan menjadi pusat administratif pemerintahan," katanya.

Agustiar menambahkan, nilai kebudayaan yang ada di Kalteng ini nantinya bakal mengexsplore ciri khas budayanya. Apabila hal tersebut benar terjadi, maka dirinya bakal tetap menjaga kebudayaan dan kultur masyarakat Kalteng. Jangan sampai kebudayaan tersebut luntur seperti masyarakat pribumi di Jakarta.

"Nilai-nilai budaya jangan sampai luntur dan terus diexsplore ke publik, agar masyarakat kita tidak tersisih dengan warga pendatang yang memiliki SDM yang kualitasnya bagus," beber Agustiar.

Kakak dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu menambahkan, pihaknya juga terus memberdayakan kebudayaan khas kota setempat. Bukti nyata hal bahwa kebudayaan lokal terus dikemukakan, setiap ada acara ke pemerintahan selalu disuguhkan degan tari-tarian daerah.

"Saya sebagai Ketua DAD akan terus mempertahankan mengenai kearifan budaya di Kalimantan. Walau nantinya diprediksi banyak warga pendatang ingin mengadukan nasibnya ke Bumi Tambu Bungai-Bumi Pancasila," demikian Agustiar Sabran.