Ini Alasan Para Pedagang Terkait Pasar Malam Kian Menjamur di Sampit

id sampit, pasar malam, Ini Alasan Para Pedagang Terkait Pasar Malam Kian Menjamur di Sampit

Ini Alasan Para Pedagang Terkait Pasar Malam Kian Menjamur di Sampit

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sampit (Antara Kalteng) - Menjamurnya pasar dadakan atau pasar malam di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dipicu tingginya permintaan masyarakat sehingga makin banyak pula pedagang yang berjualan.

"Kalau tidak ada yang membeli, tidak mungkin juga kami berjualan. Tapi buktinya, pembeli selalu ramai, makanya pedagangnya juga makin banyak," kata Joko, pedagang pasar malam di Sampit, Jumat malam.

Pasar malam makin banyak bermunculan di Sampit. Di antaranya di lapangan SMPN 3 Sampit, Jalan Sarigading, Jalan Teratai IV, Jalan Tidar Raya, halaman eks Plasa Sampit dan lokasi lainnya.

Pedagang yang berjualan cenderung bertambah karena dirasa menguntungkan. Bahkan tidak sedikit pedagang yang siang hari berjualan di pasar tradisional, malam harinya kembali berjualan di pasar malam dari satu lokasi ke lokasi lain.

Berjualan di pasar malam dinilai lebih praktis dan menguntungkan karena pedagang tidak perlu membayar sewa toko atau lapak seperti ketika berjualan di pasar tradisional. Pedagang cukup membayar retribusi, biaya kebersihan, keamanan dan listrik.

"Tak perlu dipermasalahkan karena masyarakat juga bisa memilih harus berbelanja di pasar siang atau malam. Kita sama-sama mencari rezeki dengan cara yang benar," kata Ika, pedagang lainnya.

Meski menimbulkan pro dan kontra, kehadiran pasar malam dinilai membantu masyarakat. Selain keberadaannya umumnya muncul dekat permukiman, pasar malam juga memberikan keleluasaan bagi pembeli untuk berbelanja tanpa tergesa-gesa.

Seperti Jumat malam, pasar malam di halaman eks Plasa Sampit dipadati pembeli. Mereka datang dari berbagai kawasan yang sengaja ingin berbelanja di pasar yang digelar sekali dalam seminggu itu.

"Tidak perlu jauh-jauh ke pasar dan harganya juga tidak jauh beda. Bahkan untuk sayuran terkadang lebih murah karena yang berjualan sebagian petaninya langsung. Yang jelas, saya sangat terbantu bisa berbelanja di pasar malam karena kalau siang, saya bekerja sejak pagi sampai sore," kata Nisa, salah satu pembeli.

Masyarakat berharap pasar malam dipertahankan dan dibenahi. Pemerintah justru diharapkan membantu merapikan pelaksanaan pasar malam agar makin nyaman bagi pembeli karena pasar malam juga berkontribusi terhadap perekonomian masyarakat dan daerah.