OPD Segera Selesaikan Administrasi, Agar lelang Dapat Dipercepat, Kata Bupati Ini

id Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono,

OPD Segera Selesaikan Administrasi, Agar lelang Dapat Dipercepat, Kata Bupati Ini

Bupati Seruyan Sudarsono (Foto Antara Kalteng/Rachmat Hidayat)

OPD hendaknya segera menyelesaikan urusan administrasi, agar lelang dapat dipercepat,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono meminta organisasi perangkat daerah (OPD) mempercepat pengajuan lelang pengadaan barang dan jasa ahun anggaran 2017.

"OPD hendaknya segera menyelesaikan urusan administrasi, agar lelang dapat dipercepat," katanya di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia menjelaskan, OPD tidak boleh menunda-nunda pekerjaan karena hal itu akan menyebabkan lambatnya realisasi pembangunan dan serapan anggaran baik yang bersumberkan APBD dan APBN.

"Kita harus bergerak cepat agar masyarakat juga dapat menikmati hasil pembangunan," katanya.

Orang nomor satu di Bumi Gawi Hatantiring ini menambahkan, menyegerakan tender pengadaan barang dan jasa bertujuan mengantisipasi menumpuknya pekerjaan pada akhir tahun, sehingga penyelesaiannya dikejar waktu dan bisa jadi tidak memperhatikan kualitas.

"Kalau sudah seperti itu maka daerah dan masyarakat yang akan rugi," katanya.

Sementara, Kepala Unit Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Seruya Saifuddin Juhri mengakui terlambatnya pengajuan lelang dari OPD telah menyebabkan proses lelang juga menjadi terlambat.

"Proses lelang harusnya sudah bisa dilakukan awal Januari apabila proses pengajuan disampaikan OPD lebih cepat," katanya.

Terlambatnya lelang proyek juga disebabkan karena pihak rekanan yang mengikuti lelang lamban dalam melengkapi berkas atau persyaratan yang dibutuhkan, sehingga pihak ULP juga harus berhati-hati dalam memutuskan pemenang lelang tersebut, karena bila tidak teliti dan hati hati maka akan ada sanggahan dari rekanan yang merasa dirugikan.

"Karena keterlambatan itu, hingga Juni 2017, kita baru menyelesaikan lelang sebanyak 73 dari target 130 paket proyek," katanya.