Dewan Minta Polisi Usut Tuntas Penyebab Kebakaran Empat SD

id Kebakaran Sekolah, Rusliansyah, SD Terbakar, Palangka Raya

Dewan Minta Polisi Usut Tuntas Penyebab Kebakaran Empat SD

Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Rusliansyah (FOTO ANTARA Kalteng/Rachmat Hidayat)

Saya rasa terjadinya kebakaran itu tidak wajar dan ada kejangalan karena selama dua hari terjadi kebakaran di empat SDN yang berbeda.
Palangka Raya, (Antara Kalteng) - Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Rusliansyah mendesak kepolisian setempat untuk mengusut tuntas penyebab kebakaran yang menimpa empat sekolah dasar negeri (SDN) pada dua hari terakhir.

"Saya rasa terjadinya kebakaran itu tidak wajar dan ada kejangalan karena selama dua hari terjadi kebakaran di empat SDN yang berbeda. Kami minta pihak kepolisian mengusut tuntas kasus itu agar masyarakat tidak was-was dan hanyut dalam prasangka masing-masing," kata Rusli di Palangka Raya, Sabtu.

Diantara kejanggalan tersebut, seperti kebakaran terjadi pada waktu yang hampir bersamaan, kemudian jarak satu sekolah dan sekolah yang juga terjadi kebakaran tidak terlalu jauh. Selain itu, kebakaran juga terjadi pada waktu-waktu sekolah sepi yakni di siang dan dini hari.

Polisiti Golkar itu mengaku prihatin atas kejadian tersebut dan meminta pemerintah kota memberi perhatian khusus bagi sekolah yang terbakar terutapa bagi para siswanya.

"Untuk itu kami juga meminta pemerintah kota bekerjasama dengan pihak terkait lainnya untuk membentuk tim investigasi guna memastikan kebenaran penyebab kebakaran empat SDN selama dua hari terakhir," ujarnya.

Baca : Kebakaran Beruntun! SDN di Palangka Raya Kembali Terbakar

Selain itu ia juga meminta Dinas Pendidikan dan kepala sekolah SDN yang bersangkutan menyusun strategi agar aktivitas belajar mengajar tak terhambat musibah tersebut serta memastikan seluruh siswa dapat bersekolah.

"Kami juga meminta pemerintah kota segera menyusun langkah strategis agar sekolah yang terbakar ini dapat segera dibangun sehingga para siswa dapat kembali belajar seperti sedia kala," katanya.

Pria yang juga digadang-gadangkan sebagai bakal Calon Wali Kota mendatang itu meminta seluruh sekolah serta perkantoran dan pusat layanan publik meingkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Empat kejadian kebakaran pada dua hari tersebut masing-masing menimpa SDN 1 Langkai dan SDN 5 Langkai yang terjadi pada Sabtu (22/7) dini hari dan juga pada Jumat (21/7) siang kebakaran juga melanda SDN 4 Menteng dan SDN 4 Langkai.

Sebelum empat kejadian tersebut, yakni pada Sabtu (4/7) SDN 1 Palangka, Kota Palangka Raya juga terbakar akibatnya sejumlah siswa harus menumpang di sekolah lain yang dimulai siang hari untuk kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga : Wah Lagi, 4 Kantin di Kolam Renang Isen Mulang Terbakar