Kejari Seruyan Musnahkan Narkoba

id pemusnahan narkoba, seruyan, kejari seruyan, Kejari Seruyan Musnahkan Narkoba

Kejari Seruyan Musnahkan Narkoba

Pemusnahan barang bukti narkoba berupa puluhan ribu butir Zenith serta sabu yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Seruyan saat Hari Bhakti Adhyaksa ke 57 di Kuala Pembuang, Sabtu (22/7/17). (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kejaksaan Negeri Seruyan, Kalimantan Tengah, memusnahkan barang bukti narkoba dari beberapa perkara yang telah berkekuatan hukum tetap.

Barang bukti yang dimusnahkan ini berasal dari perkara pada Januari hingga Juni 2017, kata Kepala Kejaksaan Negeri Seruyan Djasmaniar di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia menyebutkan, barang bukti yang dimusnahkan adalah narkotika jenis sabu sebanyak 12 gram serta 500 boks atau setara dengan 50.000 butir pil koplo jenis Carnophen atau Zenit yang berasal dari 58 perkara, yang terdiri dari 40 perkara tindak pidana kesehatan dan 18 perkara tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

"Selain itu, kita juga memusnahkan barang bukti lain seperti alat hisap sabu, pil Dextro, arak jenis ciu, serta dua buah senjata api rakitan," katanya.

Menurutnya, berdasarkan jumlah kasus yang berhasil diungkap petugas, tindak pidana bidang kesehatan berupa peredaran Zenith dan penyalahgunaan narkotika di "Bumi Gawi Hatantiring" tergolong memprihatinkan.

"Bahkan peredaran barang haram itu bukan hanya di kota saja, tapi sudah merambah hingga ke pedesaan, karena itu dengan adanya kegiatan ini kita berharap peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta obat-obatan terlarang bisa terus berkurang," katanya.

Sementara Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mumin Wijawa yang hadir dalam kegiatan tersebut menegaskan, Polres Seruyan telah menyatakan perang terhadap narkoba, tujuannya adalah untuk melindungi generasi muda sebagai penerus kepemimpinan di Kalteng khususnya di Seruyan.

Mantan Kasubdit I Dit Narkoba Polda Kalteng ini juga sudah memerintahkan seluruh Polsek yang ada di jajaran Polres Seruyan untuk melakukan pengawasan secara intensif agar peredaran narkoba ini dapat terus ditekan.

"Kita akan terus berupaya untuk memberantas peredaran narkoba, dan mudah-mudahan dengan adanya berbagai pengungkapan dan penindakan tindak pidana narkotika dari kepolisian dapat menekan jumlah pengguna serta pengedar narkoba di Seruyan," katanya.