Durian Murung Raya Banyak Dijual ke Luar Daerah

id durian murung raya, durian di bartim, durian

Durian Murung Raya Banyak Dijual ke Luar Daerah

Fahmi (32) sedang melayani pembeli yang menawar harga buah durian. Nampak buah durian miliknya tersisa sedikit akibat banyak diborong pembeli. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Untuk daerah-daerah di aliran Sunga Barito, saat ini hanya daerah Murung Raya yang mengalami musim buah durian, sedangkan di daerah Barito Timur, Barito Selatan dan Barito Utara belumk mengalami musim buah durian.

Buah durian asal Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya akhirnya banyak dijual ke luar daerahnya, salah satunya menyerbu di wilayah DAS Barito.

Di Tamiang Layang, Kabupaten Barito Tinur, durian Murung Raya ini dijual berkisar Rp35 ribu hingga Rp60 ribu per buah.

Salah satu penjual buah durian, Fahmi (32), Minggu mengatakan, dia menjual buah yang berukuran kecil Rp35 ribu. 

"Sedangkan untuk yang besar Rp50 ribu hingga Rp60 ribu. Tergantung ukuran besar kecilnya buah," katanya kepada Antara Kalteng. 

Menjadi penjaja durian karena mengikuti jejak orangtua yang berjualan durian sejak tahun 1995. Ilmu menjual durian mendarah daging karena sejak berusia 10 tahun sudah ikut orang tua mencari hingga menjual buah durian.

"Biasanya di wilayah Ampah ada juga berbuah saat musim durian seperti ini. Namun dua tahun terakhir ini jarang berbuah," kata pria kelahiran Ampah itu. 

Buah duren merupakan salah satu buah kegemaran warga Bartim untuk disantap. Hasil buah duren juga dibuat produk kemasan seperti "tempuyak".

Pembeli durian di Tamiang Layang pada umumnya warga setempat, bahkan ada warga dari wilayah Kecamatan Awang dan Patangkep Tutui yang sengaja datang ke ibukota Kabupaten Bartim hanya untuk membeli buah durian.