Pemkab Seruyan Salurkan Bantuan Bedah Rumah

id seruyan, Bedah Rumah, Pemkab Seruyan Salurkan Bantuan Bedah Rumah

Pemkab Seruyan Salurkan Bantuan Bedah Rumah

Ilustrasi - (FOTO ANTARA/Rudi Mulya)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan bedah rumah kepada sejumlah warga tidak mampu di kabupaten tersebut.

"Ada dua warga yang sudah menerima bantuan bedah rumah, yakni satu warga di Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir, dan satu warga Desa Mekar Indah, Kecamatan Seruyan Hilir Timur," kata Kepala Dinas Sosial Seruyan Dadan Supandy di Kuala Pembuang, Minggu.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan berupa bahan bangunan yakni, papan, paku, seng, cat hingga biaya untuk upah tukang yang mengerjakan bedah rumah dengan nilai total bantuan Rp15 juta lebih.

"Selain itu, kita juga memberikan isi kamar berupa kasur, bantal, guling, kelambu, seprai," katanya.

Ia menambahkan, selain menggunakan anggaran daerah, Dinsos Seruyan juga terus mengusulkan bantuan bedah rumah atau bedah kamar kepada Kementerian Sosial (Kemensos).

Kemudian, hingga saat ini Seruyan telah menerima bantuan dana ratusan juta rupiah dari Kemensos untuk membedah puluhan unit kamar lansia yang sebagian besar berada di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

Secara teknis, penerima bantuan adalah lansia dengan kriteria ekonomi keluarga di bawah standar dan lansia yang masih produktif, atau lansia yang bisa dikatakan seluruh aktivitasnya dibantu anggota keluarga.

"Jadi program ini ditujukan agar para lansia merasa nyaman, tidak dipinggirkan dan harus terus mendapat perhatian," katanya.

Sementara itu, salah satu warga Desa Sungai Undang penerima bantuan bedah rumah Mian (55) menyambut gembira bantuan bedah rumah yang telah diberikan oleh Pemkab Seruyan.

Beberapa tahun terakhir, pria paruh baya ini sudah tidak mampu bekerja lagi karena menderita lumpuh dan menggantungkan hidup dari bantuan pemerintah desa, dermawan serta keluarga yang masih perhatian.

"Hanya doa dan terima kasih yang bisa saya sampaikan, mereka dan pemerintah yang telah membantu mendapat balasan yang lebih baik lagi," katanya.