Hebat! Barito Selatan Siapkan Rp1 Miliar Bedah Rumah

id program bedah rumah, dinsos barsel

Hebat! Barito Selatan Siapkan Rp1 Miliar Bedah Rumah

Kabid Perlindungan, Rehabilitasi, dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Barito Selatan, Alip Suraya, SP, MM. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, menyiapkan dana Rp 1 miliar untuk program bedah rumah pada 2017.

"Program bedah rumah tersebut untuk masyarakat di enam kecamatan," kata Kabid Perlindungan, Rehabilitasi, dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Barito Selatan Alip Suraya di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, program bedah rumah pada 2017 akan merehabilitasi 90 hingga 110 unit rumah warga yang masuk dalam kategori miskin.

"Untuk rumah yang masuk dalam rehab sedang akan dibantu Rp7,5 juta, dan yang rehab berat akan dibantu Rp 10 juta,"jelas Alip Suraya.

Menurut dia, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada kecamatan, dan desa untuk mengusulkan rumah warga miskin yang direhab melalui program tersebut pada 2017 ini.

Setelah data usulan dari desa kita diterima lanjut dia, maka tim yang terdiri dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa, (DSPMD), BPPKAD dan Dinas PU akan turun kelapangan untuk melaksanakan verifikasi tahap pertama.

"Kalau hasil verifikasi rumah yang diusulkan layak untuk direhab, maka akan diberikan bantuannya, begitu juga sebaliknya,"tambah Alip Suraya.

Ia menyampaikan, setelah rumah selesai direhab, tim kembali turun kelapangan melaksanakan verifikasi tahap kedua untuk mengecek, apakah bantuan yang diberikan digunakan untuk merehab rumah atau tidak.

Selain itu ia juga mengatakan, bagi masyarakat sangat miskin yang tidak masuk dalam usulan bedah rumah, bisa menyampaikan proposal usulan rehab rumah kepada pihaknya.

"Syaratnya dengan melampirkan surat keterangan tidak mampu, fotocopy KTP, fotocopy kartu keluarga,"kata dia.

Persyaratan lainnya lanjut dia, yakni melampirkan gambar rumah tampak dari depan, belakang, samping kiri dan samping kanan.