DPRD Minta Katingan Lapor Banjir ke Pemerintah Pusat

id DPRD Kalimantan Tengah, Edy Rosada, Katingan Lapor Banjir ke Pusat, DPRD Kalteng

DPRD Minta Katingan Lapor Banjir ke Pemerintah Pusat

Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Edy Rosada (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Edy Rosada meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Katingan segera melaporkan kondisi maupun dampak banjir yang terjadi di wilayah tersebut kepada pemerintah pusat.

Banjir yang melanda Kabupaten Katingan banyak menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat serta kerusakan berbagai fasilitas umum sehingga perlu diketahui pemerintah pusat, kata Edy di Palangka Raya, Selasa.

"Ruas jalan trans Nasional, tepatnya di Kota Kasongan, mengalami kerusakan akibat box couvert atau gorong-gorong ambruk dan menimbulkan lubang sangat besar di ruas itu. Belum lagi dampaknya kepada masyarakat," tambahnya.

Melihat dampak banjir yang cukup besar tersebut, terlebih jalan di Kasongan merupakan akses utama yang menghubungkan masyarakat di Kalimantan Tengah, terutama dari Ibukota Provinsi di Palangka Raya dengan enam kabupaten di wilayah Barat provinsi setempat.

Anggota DPRD Kalteng dari daerah pemilihan I yang meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya, ini pun mengatakan agar perbaikan jalan segera dilakukan karena sangat banyak dilalui masyarakat, khususnya yang akan ke wilayah kotawaringin, Lamandau dan Sukamara.

"Inikan yang ambruk akses jalan yang penting bagi masyarakat, dan diduga ini akibat banjir beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu kita minta kepada BPBD Katingan segera melaporkan kejadian tersebut ke BNPB, "kata Edy.

Anggota Komisi B DPRD Kalteng bidang ekonomi dan sumber daya alam (SDA) ini mengatakan, pentingnya segera melaporkan kejadian tersebut, agar pemerintah pusat segera menindaklanjutinya dengan menurunkan bantuan dari pemerintah pusat.

"Ini penting untuk segera dilaporkan, karena itu merupakan salah satu dampak banjir kemarin, supaya dapat bantuan dari pemerintah pusat," demikian Edy.