Soal Jalan Rusak di Ampah Kota, Ini Pernyataan DPRD Bartim

id dprd bartim, ampah kota, jalan rusak

Soal Jalan Rusak di Ampah Kota, Ini Pernyataan DPRD Bartim

Wakil Ketua II DPRD Bartim, Raran Amd. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah meminta instansi terkait yang memiliki kewenangan, segera memperbaiki jalan yang rusak di Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah.

"Apakah itu Pemerintah Kabupaten atau Provinsi Kalteng, kami berharap segera lakukan perbaikan," ungkap Wakil Ketua II DPRD Bartim, Raran Amd di ruang Fraksi Demokrat, Selasa. 

Menurut politisi Partai Demokrat itu, kerusakan jalan di depan pasar Beringin Ampah diketahuinya sekitar dua bulan lalu. 


Ia menduga kerusakan jalan tersebut dampak dari buruknya sistem drainase yang ada, sehingga air limbah rumah tangga dan ketika hujan menjadi meluap ke jalan, sehingga  secara teknis membuat aspal cepat rusak. 

"Saya tidak menyalahkan masyarakat atau Pemerintah setempat, namun warga diharapkan bisa menjaga kebersihan drainase sekitar. Sehingga air dari limbah rumah tangga tidak mengalir ke tengah jalan dan demikian pula ketika hujan," katanya.

"Semakin cepat jalan tersebut diperbaiki, maka semakin baik agar tidak terjadi korban jiwa karena kecelakaan tertabrak jalan rusak tersebut," katanya.

Raran juga meminta agar warga Kelurahan Ampah Kota bisa bersinergi dan dengan pemerintah dalam upaya menjaga keamanan jalan dari kerusakan.

Raran juga membenarkan telah ada pembangunan drainase si Ampah Kota. Namun belum tersistematis. 

"DPRD akan mengusulkan kepada Dinas Teknis agar pembangunan drainase bisa dilanjutkan pembangunanya dan tersistem dengan baik sehingga air tidak tergenang," katanya.