Sip! Wali Kota Minta Keluarga Tanamkan Toleransi Sejak Dini

id Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia, Wali Kota Minta Keluarga Tanamkan Toleransi Sejak Dini

Sip! Wali Kota Minta Keluarga Tanamkan Toleransi Sejak Dini

Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Dr HM Riban Satia meminta seluruh keluarga untuk menanamkan jiwa toleransi kepada anak sejak usia dini.

"Ini sebagai upaya membekali dan memberikan pemahaman bahwa kita hidup di tengah keberagaman yang sebetulnya harus dijaga, bukan untuk dipersoalkan," katanya saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Rabu.

Dia juga merasa prihatin bahwa kasus intoleran mulai terjadi di kalangan anak-anak yakni seperti kasus perundungan yang terjadi dan menjadi bahan perbincangan serta masuk pada pemberitaan di media masa beberapa waktu lalu.

Wali Kota "Kota Cantik" Palangka Raya, dua periode itu mengatakan, seluruh anak di Indonesia harus dicegah dari berbagai potensi terkait pemikiran intoleran.

"Telah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menumbuhkan rasa saling cinta, menghargai dan kasih sayang serta toleransi antar sesama. Jika tak dilakukan maka secara bertahap akan mengancam rasa nasionalisme," katanya.

Pria nomor satu di Palangka Raya ini juga merasa khawatirkan ketika keluarga tak mampu menanamkan rasa toleransi kepada anaknya sejak dini. Menurut dia, diantara pertanda anak kurang memiliki rasa toleransi maka kasus kekerasan terhadap maupun yang dilakukan anak mudah terjadi.

Dia pun juga meminta Dinas Pendidikan kota setempat serta para pendidik tak hanya fokus pada peningkatan kualitas penguasaan mata pelajaran tetapi juga membekali anak didiknya dengan pendidikan karakter.

Riban pun mengajak seluruh rakyat Indonesia agar bersama-sama membentuk generasi penerus bangsa yang tangguh, berjiwa toleransi, cinta Tanah Air dan mempunyai nasionalisme yang tinggi.

"Dengan karakter dan mental serta spiritual yang kuat maka rasa toleransi baik antarumat beragama, suku dan budaya serta rasa cinta tanah air dan nasionalisme akan terus berkembang," tambahnya.