Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Sudah Masuk Asrama

id calon haji, haji, embarkasi banjarmasin, haji kalteng

Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Sudah Masuk Asrama

Ilustrasi - Calon Haji Indonesia. (FOTO ANTARA/Ampelsa)

Banjarbaru (Antara Kalteng) - Jamaah calon haji kelompok terbang 1 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, masuk asrama, Sabtu untuk menjalani karantina sebelum diberangkatkan ke tanah suci pada Minggu (30/7).

Kasubbag Penerangan dan Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Hidayaturrahman di Banjarmasin, Sabtu mengatakan, jamaah masuk asrama sesuai jadwal.

"Jumlah jamaah calon haji kloter 1 sebanyak 320 orang dan mereka masuk asrama sesuai jadwal ditetapkan dan menjalani proses penerimaan sebelum dikarantina," ujarnya.

Ia mengatakan, sesuai jadwal yang ditetapkan PPIH Embarkasi Banjarmasin, kloter perdana yang seluruhnya berasal dari Kota Banjarmasin itu masuk asrama pukul 14.00 Wita.

Sementara, rombongan jamaah yang diangkut menggunakan 9 buah bus dari Kota Banjarmasin ke asrama haji di Kota Banjarbaru sekitar 28 kilometer sudah tiba di asrama pukul 13.30 Wita.

"Jadi kedatangan jamaah tepat waktu di asrama haji karena sebelum menjalani karantina, ada prosedur tetap yang harus diikuti seluruh jamaah sehingga bisa siap diberangkatkan besok," ungkapnya.

 Dijelaskan, prosedur tetap yang harus dijalani setiap jamaah sebelum masuk asrama yakni mengikuti penerimaan dari PPIH dan pendaftaran yang dilaksanakan di Aula Mekkah di sisi kiri asrama.

Disebutkan, saat prosesi penerimaan, panitia menyampaikan jadwal kegiatan selama di asrama haji, termasuk kamar yang akan ditempati dilanjutkan proses pemeriksaan kesehatan.

"Pemeriksaan kesehatan jamaah dilakukan satu persatu dan mereka juga harus menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan termasuk bukti lunas BPIH sebelum masuk kamar," ucapnya.

Ditekankan, selama menjalani proses karantina di asrama, seluruh akomodasi ditanggung BPIH dan masakan maupun minuman jamaah yang disiapkan panitia dijamin kesehatannya.

Selain itu, jamaah juga tidak boleh keluar lingkungan asrama haji karena harus mempersiapkan diri baik segi fisik maupun mental sebelum diberangkatkan keesokan harinya.

"Panitia menjamin makanan maupun minuman jamaah yang selalu diperiksa tim kesehatan. Mereka juga tidak boleh keluar masuk asrama karena menjalani karantina sebelum berangkat," ujarnya.

Dikatakan, sesuai jadwal yang telah ditetapkan, jamaah calon haji kloter 1 diberangkatkan melalui Bandar Udara Syamsudin Noor, Minggu pukul 13.45 Wita menuju Madinah.