Nah! Nelayan Kotim Diperingatkan Waspada Gelombang Tinggi

id Gelombang Tinggi, sampit, kotim, Waspada Gelombang Tinggi, nelayan kotim

Nah! Nelayan Kotim Diperingatkan Waspada Gelombang Tinggi

ILUSTRASI- Gelombang Laut (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Sampit (Antara Kalteng) - Nelayan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diingatkan mewaspadai gelombang tinggi yang bisa mengancam keselamatan jika dipaksakan mencari ikan ke laut.

"Saat ini gelombang sedang tinggi. Kami terus mengimbau masyarakat untuk lebih waspada karena sangat berbahaya," kata Kapolsek Pulau Hanaut Iptu Subarwi di Sampit, Selasa.

Nelayan Kotawaringin Timur tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Teluk Sampit, Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Selatan dan Mentaya Hilir Utara. Sebagian besar merupakan nelayan tradisional dengan kapal kecil dan alat tangkap sederhana.

Saat ini gelombang perairan Kotawaringin Timur yang berhadapan dengan laut Jawa, sedang tinggi. Bahkan gelombang di Sungai Mentaya menuju kawasan muara laut juga cukup tinggi sehingga harus diwaspadai karena rawan bagi kapal kecil dan perahu tradisional.

"Kami meminta nelayan tidak memaksakan diri saat gelombang tinggi karena berbahaya. Keselamatan harus diutamakan. Cuaca sangat cepat berubah," kata Subarwi.

Tidak hanya nelayan, Subarwi juga mengimbau masyarakat pengguna transportasi air untuk berhati-hati karena gelombang di sungai terkadang juga tinggi, khususnya saat ada angin kencang. Kondisi ini sangat rawan bagi aktivitas masyarakat di sungai sehingga harus lebih diwaspadai.