Ini Pesan Bupati Lamandau Kepada Camat Baru Delang

id camat delang, bupati lamandau

Ini Pesan Bupati Lamandau Kepada Camat Baru Delang

Bupati Lamandau Marukan pimpin serah terima jabatan Camat Delang dari Inyane kepada Semson ZR di Nanga Bulik, Senin (31/7). (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Bupati Lamandau Marukan berpesan kepada Semson Z R, selaku Camat Delang yang baru agar terus berkreasi dan berinovasi serta meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam memajukan pembangunan.
     
Kreativitas dan inovasi diperlukan karena Kecamatan Delang merupakan salah satu objek wisata Adat dan Budaya yang ada di Kabupaten Lamandau, kata Marukan saat memimpin serah terima jabatan Camat Delang dari Inyane kepada Semson ZR, Nanga Bulik, baru-baru ini.
     
"Sebagai daerah tujuan obyek pariwisata adat dan budaya, perlu kemampuan dan trik yang baik untuk mengemas potensi yang kita miliki ini agar semakin menarik dan mendatangkan wisatawan lokal maupun internasional," tambahnya.
     
Bupati dua periode ini menyebut walau telah terjadi perubahan fungsi dan kedudukan camat yang tidak lagi hirarkis terhadap wilayahnya dan cenderung menjadi administrator pada organisasi, namun pada kenyataannya tetap menjadi ujung tombak dalam seluruh urusan yang terdapat di lingkungan kecamatan. 
     
Dia mengatakan dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, peran camat sangat lah penting sebagai kepanjangan tangan pemerintah daerah Kabupaten Lamandau.
     
"Saya juga ingin menyampaikan bahwa pergantian camat merupakan hal wajar. Apalagi camat Delang yang lama sudah bertugas lebih dari 3 tahun, sehingga perlu ada promosi jabatan. Jadi, jangan ada anggapan negatif," kata Marukan.
     
Sementara, Camat Delang yang baru, Semson ZR mengaku akan berupaya secara maksimal dan bekerjasama dengan seluruh elemen, termasuk para tokoh, kepala desa, Damang, Mantir Adat dan masyarakat agar kecamatan yang dipimpin semakin maju.
     
Dia mengatakan aspirasi maupun ide-ide dari berbagai elemen sangat dibutuhkan dalam membangun dan mengembangkan Kecamatan Delang yang dikenal sebagai objek wisata Adat dan Budaya.
     
"Saya bersama jajaran Kecamatan Delang tentu akan terus berkreasi dan berinovasi seperti pesan bapak Bupati. Kita juga terbuka dan akan akan melibatkan masyarakat dalam mengembangkan pembangunan," demikian Semson.