Bupati Seruyan Tinjau Potensi Wisata Air Terjun

id Bupati Seruyan, Sudarsono, Potensi Wisata Air Terjun, Seruyan

Bupati Seruyan Tinjau Potensi Wisata Air Terjun

Bupati Seruyan, Sudarsono. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono telah meninjau sejumlah potensi wisata air terjun di tiga kecamatan di kabupaten setempat.

"Kita sudah meninjau sejumlah potensi wisata air terjun yang ada di Kecamatan Suling Tambun, Kecamatan Seruyan Tengah, dan Kecamatan Seruyan Hulu," katanya di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia menjelaskan, dari hasil kunjungan di tiga kecamatan tersebut, paling tidak terdapat tiga air terjun yang layak dijadikan sebagai destinasi wisata di "Bumi Gawi Hatantiring".

"Karena daerah hulu Seruyan itu perbukitan jadi air terjun sebenarnya, namun yang masih mudah dijangkau ada tiga," katanya.

Beberapa air terjun yang dapat dijadikan tujuan wisata adalah Air Terjun Pahal di Kelurahan Rantau, Pulut Kecamatan Seruyan Tengah dan Air Terjun Sahai Gantung di Desa Pangke, Kecamatan Seruyan Tengah dan Air Terjun Tumbang Langkai di Kecamatan Suling Tambun.

Sejumlah air terjun tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Salah satunya adalah Air Terjun Tumbang Langkai yang terletak lima kilometer dari Desa Tumbang Langkai memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan telah dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) terbesar di Kalteng.

"Berawal dari air terjun inilah warga setempat kemudian menamai Desa Tumbang Langkai yang kini menjadi Ibukota Kecamatan Suling Tambun," katanya.

Ia menambahkan, selain air terjun, Sungai Seruyan yang melintasi wilayah hulu Seruyan memiliki banyak riam dengan arus sungai cukup deras melewati bebatuan sehingga sangat cocok dijadikan salah satu destinasi wisata, khususnya bagi mereka yang menyukai olahraga adventure.

"Paling tidak terdapat 15 riam kecil dan besar. Dari jumlah itu, ada tiga riam besar yakni Riam Gading, Riam Kajaya dan Riam Pauh," katanya.

Ia berharap, sejumlah air terjun termasuk riam nantinya dapat dimanfaatkan untuk menambah jumlah destinasi wisata di Seruyan agar wisatawan tertarik berkunjung ke Seruyan.

"Jadi nanti, air terjun dan riam dapat dimasukkan dalam paket wisata bersama dengan objek wisata lain yang ada di Seruyan," katanya.