Polres Seruyan Tingkatkan Pengamanan Fasilitas Publik

id Kapolres Seruyan, AKBP Nandang Mu`min Wijaya, Polres Seruyan Tingkatkan Pengamanan Fasilitas Publik

Polres Seruyan Tingkatkan Pengamanan Fasilitas Publik

Kapolres Seruyan, Kalimantan Tengah AKBP Nandang Mu'min Wijaya. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Andrianoor)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah, meningkatkan pengamanan fasilitas publik untuk mencegah tindak kejahatan seperti perusakan dan pembakaran.

"Peningkatan pengamanan fasilitas publik menjadi siaga I itu terhitung sejak 30 Juli 2017," kata Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu`min Wijaya di Kuala Pembuang, Kamis.

Mantan Kasubdit I Dit Narkoba Polda Kalteng ini mengatakan, pengamanan tersebut dilaksanakan di fasilitas publik atau objek vital terutama pada sekolah-sekolah, baik SD, SMP maupun SLTA yang ada di Seruyan.

"Hal tersebut untuk mengantisipasi agar kejadian seperti pembakaran sekolah di Palangka Raya, tidak terjadi di wilayah Seruyan," katanya.

Ia menjelaskan, sejak beberapa hari lalu, Polres Seruyan beserta jajaran telah melakukan patroli secara terjadwal ke sekolah-sekolah, perkantoran serta rumah ibadah.

"Mulai pagi, siang, hingga malam hari kita sudah susun jadwal anggota untuk melakukan patroli," katanya.

Sebagai pimpinan, dirinya juga aktif menyambangi sekolah-sekolah dan kantor-kantor untuk mengingatkan pentingnya meningkatkan sistem keamanan serta kewaspadaan terhadap masuknya orang tidak dikenal yang mungkin akan melakukan tindak kejahatan.

"Kalau sekolah atau kantor tidak ada petugas keamanan atau jaga malam, maka kita minta untuk diadakan, kalau perlu pasang CCTV," katanya.

Ia menambahkan, Polres Seruyan melalui Babinkamtibmas juga aktif mengimbau masyarakat untuk melakukan pencegahan dengan mengaktifkan siskamling atau ronda malam di lingkungannya masing-masing.

"Kita berharap dengan peningkatan pengamanan di berbagai lini diharapkan dapat mencegah pelaku kejahatan menjalankan aksinya sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," katanya.