Pulang Pisau Dorong Usaha Ternak Sapi Diintegrasikan Kebun Sawit

id integrasi sawit dan sapi, bupati pulpis, produksi sapi

Pulang Pisau Dorong Usaha Ternak Sapi Diintegrasikan Kebun Sawit

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan bahwa pemerintah setempat mendorong usaha pengembangan produksi sapi melalui integrasi usaha perkebunan dan ternak sapi. 

"Integrasi tanaman perkebunan dan ternak sapi ini merupakan salah satu alternatif usaha diversifikasi," kata Edy Pratowo, Kamis (3/8).

Dikatakannya bahwa Pulang Pisau adalah kabupaten kedua penghasil ternak dan penggemukan sapi di Kalimantan Tengah dan hampir 40 persen adalah wilayah perkebunan kelapa sawit sehingga pola integrasi di kawasan perkebunan kelapa sawit ini berpeluang besar untuk dikembangkan.

Untuk mendukung tewujudnya pola integrasi usaha perkebunan dan ternak sapi ini, terang Edy Pratowo, pemerintah setempat bersama DPRD telah membuat produk hukum melalui rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang integrasi usaha perkebunan kelapa sawit dengan usaha ternak sapi.

Diharapkan sistem integrasi tanaman dan ternah serta sumber daya lahan yang strategis ini sebagai upaya menganekaragamkan pendapatan pekebun kelapa sawit untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kabupaten setempat.

"Manfaat bertambahnya penghasilan dari penjualan hasil produksi sapi, pupuk kandang untuk kesuburan lahan  bisa mendorong berlangsungnya usaha tani yang berkelanjutan," ucap Edy Pratowo.

Edy Pratowo mengungkapkan bahwa sudah selayaknya upaya pemerintah dalam pola integrasi usaha perkebunan dan usaha ternak sapi ini bisa didukung oleh semua pihak.