HUT 15 Tahun Lamandau, Pencapaian Pembangunan Kabupaten Lamandau Luar Biasa

id Bupati Lamandau, Marukan Hendrik, HUT 15 Tahun Lamandau, Pencapaian Pembangunan Kabupaten Lamandau Luar Biasa

HUT 15 Tahun Lamandau, Pencapaian Pembangunan Kabupaten Lamandau Luar Biasa

Bupati Lamandau Marukan Hendrik Memotong Tumpeng disaksikan Para Pejabat dan Tokoh Masyarakat di HUT Lamandau Ke 15, Nanga Bulik, Kamis (3/8). (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Bupati Lamandau Marukan Hendrik menyebut usia Kabupaten berjuluk "Bumi Bahaum Bakuba" ini baru 15 tahun, namun pencapaian pembangunannya tergolong luar biasa jika melihat kondisi infrastruktur serta berbagai prestasi yang telah diraih.

Berbagai penghargaan di tingkat nasional dan provinsi serta opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah diraih, kata Marukan saat peringatan hari Jadi ke-15 tahun Kabupaten Lamandau di Nanga Bulik, Kamis.

"Umur 15 tahun ini masih muda atau beranjak remaja. Remaja itu artinya masih energik dan semangatnya luar biasa. Semangat itu dikarenakan kita tumbuh sehat, kemajuan yang sudah diperoleh pun menjadi luar biasa," tambahnya.

Kabupaten Lamandau di tahun 2010 mendapat penghargaan dari Presiden Indonesia dalam Bidang Ketahanan Pangan, kemudian tahun 2012 Penghargaan Amal Bhakti Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan dari Kementerian Agama RI, tahun 2013 Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Nasional.

Tahun 2013 Kabupaten Lamandau meraih penghargaan Transmigrasi Award dari Kementerian Tenaga Kerja & Transmigrasi, penghargaan Bunda PAUD berprestasi Tingkat Nasional, cakupan Kepemilikan Akte Kelahiran Usia 0-18 tahun, Piagam Penghargaan dari Mendagri dalam Percepatan Penerapan Paten, Piagam MURI dengan kategori Tari Topeng Terbanyak Se-Indonesia, pada kegiatan Festival 1.000 Bukung, dan berbagai penghargaan lainnya.

"Mengingat tahun 2018 masa jabatan saya sudah berakhir, maka semangat dan harapan masyarakat akan kita tumpukan kepada pemimpin Kabupaten Lamandau 2018-2023," kata Marukan yang telah menjabat sebagai Bupati Lamandau selama dua periode.

Mantan Sekda Kabupaten Lamandau ini pun berharap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dilaksanakan 27 Juni 2018 menghasilkan pemimpin memiliki komitmen dan semangat yang kuat, berintegritas serta sungguh-sungguh mencintai Lamandau.

"Saya yakin, jika Kabupaten Lamandau mendapat pemimpin seperti itu, kemajuan pembangunan akan semakin pesat dari sekarang ini," kata Marukan.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Lamandau Ke-15 yang dilaksanakan dihalaman kantor Bupati Lamandau berlangsung sederhana, tetap berjalan dengan hikmat dan lancar tanpa mengurangi dari arti serta makna hari lahirnya Kabupatenberjuluk "Bumi Bahaum Bakuba" ini.