Mantan Pebalap MotoGP Angel Nieto Meninggal Akibat Kecelakaan

id MotoGP, Angel Nieto, Mantan Pebalap MotoGP Angel Nieto Meninggal Akibat Kecelakaan

Mantan Pebalap MotoGP Angel Nieto Meninggal Akibat Kecelakaan

Ucapan duka atas meninggalnya Angel Nieto yang diunggah akun MotoGP di Instagram. (Instagram.com/motogp)

Jakarta (Antara Kalteng) - Angel Nieto, legenda balapan MotoGP peraih 13 gelar dunia, yang selalu menyebutnya dengan angka 12+1, meninggal dunia pada Kamis petang waktu Spanyol setelah gagal berjuang dari cedera akibat kecelakaan ATV.

Pria 70 tahun itu dalam kondisi koma berhari-hari setelah insiden di Ibiza, Spanyol, namun kondisinya menurun secara drastis pada Kamis yang berujung pada kematian.

Legenda balap asal Spanyol itu memenangkan 90 grand prix di kelas 50cc, 80cc dan 125cc antara 1964 hingga 1986, dengan kemenangan heroiknya di kejuaraan dunia 125cc di negaranya sendiri.

Sebagai sosok yang penuh warna sepanjang kejuaraan dunia grand prix, Nieto merebut enam kejuaraan dunia 50cc dan tujuh gelar 125cc dalam karir gemilang yang membuatnya menang kejuaraan dalam lima jenis motor yang berbeda: Derbi, Bultaco, Garelli, Minarelli dan Kreidler.

Setelah pensiun, Nieto tak menjauh dari dunia balap dengan menjadi tim manajer Via Digital yang ikut membantu Emilio Alzamora merebut titel juara di kelas 125cc pada 1999, demikian Crash.net.

Penerjemah: Try Reza Essra