2 Rumah Jalan Manunggal Desa Mantaren I Terbakar

id Desa Mantaren I Terbakar, 2 Rumah Jalan Manunggal Desa Mantaren I Terbakar, Pulang Pisau

2 Rumah Jalan Manunggal Desa Mantaren I Terbakar

Dua rumah milik Catur dan Masri di Jalan Manunggal RT.002 Desa Mentaren I Kecamatan Kahayan Hilir ludes terbakar sekitar Pukul 01.00 Wib. (Foto BPBD Kabupaten Pulang Pisau)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Dua rumah di Jalan Manunggal RT.002 Desa Mentaren I Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah di lalap si jago merah Jumat (4/8) sekitar Pukul 01.00 Wib dinihari. 

Dua rumah yang terbakar saat warga setempat terlelap tidur ini adalah milik Masri (54) dan Catur (48). Tidak ada korban dalam kebakaran ini, namun harta benda di dalam dua rumah itu ludes terbakar.

Masri mengungkapkan tidak diketahui pasti asal api. Namun, diperkirakan api datang dari rumah tetangganya Catur yang berkobar dengan cepat dalam langsung membakar habis rumahnya tersebut.

"Yang saya tau api sudah membesar dan merembet ke rumah saya," kata Masri.

Catur yang diduga rumah yang menjadi awal api mengatakan saat api berkobar, dirinya langsung menyelamatkan istri dan anak-anaknya. Menurut dia, semua harta benda yang ada di dalam rumah tidak ada yang bisa diselamatkan. 

Pada waktu kejadian, dirinya hanya ingat istri dan anak-anak yang harus diselamatkan terlebih dahulu

Diperkirakan kerugian yang dialami kedua warga ini mencapai puluhan juta rupiah.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Kabupaten Pulang Pisau, Marto mengungkapkan setelah mendapat laporan, satu unit mobil langsung menuju lokasi. 

Petugas tidak bisa berbuat banyak menyelamatkan harta bendake dua rumah tersebut karena api dengan cepat membakar rumah yang memiliki kontruksi terbuat dari kayu itu.

Menurut Marto tidak diketahui pasti penyebab kebakaran. Dugaan sementara penyebab munculnya api diakibatkan konsleting arus pendek. 

Api baru bisa dipadamkan setelah satu jam kemudian, dan petugas berusaha menghambat api agar tidak merambat ke rumah penduduk lainnya.

Dalam penanganan tersebut, BPBD menurunkan 3 orang Tim Reaksi Cepat (TRC), 10 anggota Damkar dengan satu unit mobil, mesin pemadam dan dua unit mobil pick up pendukung. 

Petugas bersama warga setempat bersama-sama memadamkan api agar tidak meluas ke pemukiman warga lainnya.