Bayern Raih Piala Super Jerman Lewat Adu Penalti

id bayern munchen, piala super jerman

Bayern Raih Piala Super Jerman Lewat Adu Penalti

Bayern Munchen (istimewa)

Dortmund (Antara/Reuters) - Juara Liga Jerman Bayern Munchen menaklukkan juara Piala Jerman Borussia Dortmund dengan adu penalti 5-4 untuk memenangi Piala Super keenam kalinya, setelah pertandingan pembukaan musim baru itu berakhir imbang 2-2 pada waktu normal pada Sabtu.

Kiper Bayern Sven Ulreich menggagalkan tendangan penalti Marc Bartra untuk membungkam para penggemar Dortmund yang memadati Signal Iduna Park, ketika Bayern dua kali bangkit dari ketinggalan selama 90 menit dan juga membawa pertandingan harus diakhiri dengan adu penalti.

Dortmund terlihat telah memiliki bekal yang cukup setelah pencetak gol terbanyak mereka Pierre-Emerick Aubaeyang mengemas gol pada menit ke-71 untuk membawa tim tuan rumah memimpin 2-1, namun mereka kemasukan oleh gol bunuh diri Lukasz Piszczek.

Penyerang asal AS berusia 18 tahun Chritian Pulisic membawa Dortmund memimpin pada menit ke-12 ketika ia mencuri bola dari Javi Martinz dan mengarahkan bola melewati Ulreich, beberapa saat setelah Robert Lewandowski melepaskan tembakan yang melewati mistar gawang di sisi lain lapangan.

Penyerang Bayern Lewandowksi menebus kesalahan itu enam menit kemudian dengan penyelesaian mudah dari jarak tiga meter setelah bek kanan Joshua Kimmich, yang menaklukkan perangkap offside, melaju dan mengirimkan umpan silang.

Kiper Dortmund Roman Buerki melakukan empat penyelamatan bagus pada babak pertama untuk dua kali menggagalkan upaya Thomas Mueller, Sebastian Rudy, dan Frankc Ribery, yang meneror para pengawalnya di sisi kiri.

Kecepatan itu tetap dimilikinya setelah turun minum ketika Bayern lebih menekan, namun mereka kembali dihukum karena menyia-nyiakan sejumlah peluang.

Mendapat kiriman bola dari mitranya di lini depan Ousmane Dembele, Aubameyang melejit dari lapangan tengah dan melepaskan tembakan dengan sisi luar kakinya untuk menaklukkan Ulreich dari jarak 13 meter.

Saat para penggemar tuan rumah sedang bersiap untuk melakukan perayaan, mereka harus menelan nasib buruk pada menit ke-88 setelah bola membentur mistar gawang Dortmund dan Piszczek membelokkannya ke gawang sendirinya setelah Kimmich sempat menyentuhnya.

Dortmund kembali berada di atas angin saat adu penalti ketika Buerki mampu menggagalkan tembakan Kimmich, namun Ulreich kemudian menahan sepakan Sebastian Rode dan Bartra membuat Bayern mampu mengangkat trofi pertama mereka musim ini.