Gowes Pesona Nusantara Palangka Raya Berlangsung Meriah

id Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia, Gowes Pesona Nusantara Palangka Raya Berlangsung Meriah

Gowes Pesona Nusantara Palangka Raya Berlangsung Meriah

Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia (tengah) saat acara Gowes Pesona Nusantara 2017 di Palangka Raya, Minggu (6/8). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pergelaran Gowes Pesona Nusantara 2017 yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah pada Minggu pagi berlangsung meriah.

Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda, Kemenpora, Alman Hudri, di sela acara menilai pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara di "Kota Cantik" ini tertib, apalagi acara juga dirangkai dengan ikrar kebangsaan untuk merah putih Indonesia kerja bersama.

"Gowes ini bukan hanya untuk meningkatkan kesehatan, tetapi juga sesuai nawacita kesembilan, bapak menteri juga menghendaki terus terjalinnya Kebhinekaan dan rasa saling memiliki. Gowes ini juga untuk merekatkan bangsa yang terdiri dari berbagai pulau," katanya di hadapan para peserta dan undangan.

Alman juga berharap acara serupa juga dapat dilaksanakan di provinsi maupun di kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mewakili Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

"In Sya Allah acara ini akan mempu mempererat kesatuan dan persatuan kita. Kami juga berharap agar masyarakat di Kota Palangka Raya selalu membudayakan olah raga yang salah satunya bersepeda," kata Mofit.

Plt Kadispora Kota Palangka Raya, Gunawan Abel yang juga selaku ketua panitia Gowes menerangkan acara tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, HUT RI ke-72 serta menyambut hari olahraga nasional serta menyongsong pelaksanaan Paragames 2018

"Saat pelaksanaan gowes ini juga sebagai momentum ini untuk mempromosikan berbagai wisata baik seni, budaya maupun objek wisata bersejarah yang ada khususnya pada para tamu dari pusat" katanya.

Rute gowes itu sendiri dimulai dari kawasan bersejarah Monumen Tugu Soekarno dan berakhir di Stadion Sanaman Mantikei, Palangka Raya.

Meski acara gowes dirangkai dengan kegiatan ikrar, para peserta sejak pagi telah berada di lokasi 'start'.

Tak hanya orang tua, para pemuda, klub sepeda ontel bahkan anak-anak pun turut mengikuti acara tersebut.

"Selain untuk berolah raga untuk mencari kesehatan tujuan lain juga ingin mendapatkan 'dorprize'. Siapa tahu asa rejeki," kata Nurindah salah satu peserta sambil tersenyum.

Pada acara tersebut, bagi peserta yang beruntung juga akan mendapatkan hadiah yang diantaranya seperti, sepeda gunung, sepeda motor, termasuk berkesempatan menghadiri puncak perayaan hari olah raga nasional di Borobudur termasuk disediakan 'grand prize' bagi 10 orang untuk memilih wisata favorit di tanah air.

Turut sebagai peserta seperti Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia, Wakil Wali Kota, Mofit Saptono Subagio, Ketua DPRD, Sigit K Yunianto, jajaran kepala OPD dan anggota DPRD Palangka Raya, Kapolres AKBP Lili Warli dan jajaran, Dandim 1016 Plk, Letkol Arm Alfius serta sejumlah pihak lain.