Masyarakat Palangka Raya Ikrarkan Kebangsaan Merah Putih Indonesia

id Palangka Raya, Masyarakat Palangka Raya, Masyarakat Palangka Raya Ikrarkan Kebangsaan Merah Putih Indonesia

Masyarakat Palangka Raya Ikrarkan Kebangsaan Merah Putih Indonesia

Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia (kiri) saat akan menyepatkan pin untuk Satgas Anti Konflik Sosial di Palangka Raya, Minggu (6/8). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, bersama sejumlah elemen masyarakat termasuk aparat Kepolisian dan TNI pada Minggu pagi bertempat di Monumen Tugu Soekarno, Palangka Raya berikrar Kebangsaan untuk Merah Putih Indonesia Kerja Bersama.

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia saat menyampaikan pesan kebangsaan menekankan dua aspek utama dengan mengutip kembali pesan kebangsaan dari Presiden Soekarno dan Mochamad Hatta.

"Pesan kebangsaan ini menjadikan satu tantangan dan memberikan motivasi bagi kita sebagai generasi penerus bangsa dengan semangat gotong-royong dan kebersamaan, rela berkorban demi keutuhan serta mewujudkan cita-cita pendiri bangsa," katanya.

Sehingga seluruh warga negara Indonesia terus memegang teguh dan selalu mengamalkan Pancasila selaku pedoman berbangsa dan bernegara.

Acara ikrar itu secara simbolis dibacakan perwakilan TNI, Polri dan ASN yang diikuti serempak oleh seluruh tamu undangan dan peserta yang hadir.

Ikrar tersebut mencakup tujuh poin yang diantaranya berbunyi setia kepada NKRI berdasar Pancasila dan UUD 1945 dan menjaga Bhinneka Tunggal Ika dengan saling menghormati.

Kemudian siap sedia mempertahankan NKRI dan bersatu menjaga "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" dari segala bentuk ancaman seperti paham radikalisme, terorisme dan penyalahgunaan narkoba.

Selanjutnya, pada kegiatan yang dirangkai dengan acara Gowes Pesona Nusantara 2017 itu juga dilaksanakan acara penyematan pin pada perwakilan Satgas Anti Narkoba, Anti Radikalisme dan Satgas Anti Konflik Sosial.

"Mari kita bersatu untuk menjaga keutuhan NKRI dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia," kata Riban.