941 Peserta Meriahkan Porkab Barito Utara

id Porkab Barito Utara, Bupati Barut, Nadalsyah, 941 Peserta Meriahkan Porkab Barito Utara

941 Peserta Meriahkan Porkab Barito Utara

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyerahkan piala juara umum pada Porkab tahun 2017 di Muara Teweh, Minggu. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebanyak 941 orang peserta dari sembilan kecamatan di Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, mengikuti Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang digelar 6-13 Agustus 2017.

Porkab tahun 2017 yang kali pertama setelah sepuluh tahun terakhir vakum kegiatan di Barut ini diharapkan dapat menjawab dan mengatasi permasalahan pembinaan dan prestasi yang ada selama ini, kata Bupati Barut Nadalsyah saat membuka kegiatan di arena terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Minggu.

Menurut Nadalsyah, kegiatan ini merupakan ajang seleksi atlet kabupaten untuk berlaga di event pekan olahraga provinsi (Porprov) tahun 2018 yang akan datang di mana Kabupaten Barito Utara akan menjadi tuan rumah penyelenggara.

Upaya serius Pemerintah Kabupaten Barito Utara sebagai tuan tumah Porprov 2018 adalah dengan melakukan upaya-upaya pembenahan, berbaikan dan pembangunan fasilitas sarana dan prasarana olahraga.

"Saat ini Pemkab Barito Utara melakukan rehab total pada lapangan sepak bola yang akan merujuk ke standart lapangan internasional, melakukan rehab total pada venue panjat tebing, lapangan tenis, GOR bulu tangkis, tenis lapangan, bola volly dan lapangan basket serta bangunan gedung yang rencananya akan menjadi tempat lomba pada ajang porprov 2018," katanya.

Hal ini, kata bupati yang akrab disapa H Koyem, tentunya akan banyak menggunakan anggaran daerah, dengan harapan ketika seluruh fasilitas seudah disiapkan tentunya akan dibarengi dengan kesuksesan dalam penyelenggaraan dan kesuksesan dalam meraih prestasi.

Kegiatan Porkab ini merupakan agenda Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Barito Utara. Dan saya sebagai Ketua Umum KONI Barito Utara selalu berkomitmen untuk memajukan olahraga, terlebih nantinya jika kabupaten Barito Utara dijadikan kiblat perkembangan serta pembinaan prestasi atlet Kalimantan Tengah. Seperti halnya untuk olahraga otomotif dan olahraga karate yang sudah merambah ditingkat internasional dengan prestasi-prestasi yang membanggakan.

"Saya juga berharap kepada kepada cabang olahraga yang lain agar dapat berbenah dan mengejar prestasi sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten Barito Utara dan negara Indonesia. Dan saya juga berharap melalui kegiatan ini nantinya akan mencetak insan-insan olahragawan yang sehat jasmani dan rohani dan berprestasi dan menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat daerahnya masing-masing," kata Nadalsyah.

Ketua panitia Porkab Drs Muhlis mengatakan bahwa dalam kegiatan Porkab ini diikuti sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Utara dengan total atlet, official yang terdaftar sebanyak 941 orang.

"Dalam kegiatan Porkab ini cabang olah raga yang dipertandingkan sebanyak 23 cabang olahraga yang pelaksanaannya dibagi dalam tiga katergori yaitu pertandingan, seleksi dan eksebisi," ujar Muhlis.