Ketua DPRD Ingin Palangka Fair Mendatang Perbanyak UKM

id DPRD palangka raya, palangka fair

Ketua DPRD Ingin Palangka Fair Mendatang Perbanyak UKM

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara  Kalteng) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto menginginkan pergelaran Palangka Fair yang dilaksanakan tahun mendatang semakin memperbanyak jumlah pelaku UKM yang terlibat.

"Pengelola harusnya memperbanyak jumlah pelaku UKM baik kuliner, kerajinan dan UKM lainnya untuk terlibat dan dimunculkan dalam pelaksanaan Palangka Fair ini," katanya di Palangka Raya, Senin.

Pernyataan itu diungkapkan Politisi PDI Perjuangan itu saat dikonfirmasi terkait pelaksanaan Palangka Fair 2017 yang dibuka resmi pada Sabtu (5/8) lalu di Stadion Sanaman Mantikei, Palangka Raya.

"Saya melihat stand-stand yang ada didominasi instansi atau dinas pemerintahan dan jumlah pelaku UKM yang ikut berpartisipasi kurang. Ini harus dievaluasi maka tahun depan saya minta panitia lebih memunculkan produk dan pelaku UKM saat Palangka Fair," katanya.

Karena menurut dia, keterlibatan pelaku UKM dalam perhelatan Palangka Fair akan menumbuhkan peningkatan daya saing serta media promosi produk pelaku usaha.

"Semakin banyak pelaku UKM yang terlibat maka semakin besar perputaran ekonominya termasuk juga akan berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama pelaku UKM," katanya.

Di sisi lain, terkait keberadaan stand Sekretariat DPRD Kota di pelaksanaan Palangka Fair, Sigit mengatakan gerai tersebut dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi warga.

"Jika masyarakat enggan untuk menyampaikan sesuatu secara langsung maka melalui stand ini warga bisa menyampaikan uneg-unegnya. Aspirasi ini nanti akan kami sampaikan kepada pemerintah kota," katanya.

Sigit menambahkan bahwa saat ini masih banyak warga yang belum mengetahui secara menyeluruh program kerja dan capaian yang diperoleh anggota DPRD. Akibatnya kinerja wakil rakyat ini dianggap kurang maksimal oleh masyarakat.

Sebagian kalangan masyarakat juga belum paham betul fungsi DPRD, baik dalam fungsi pembentukan peraturan daerah, pengawasan kinerja eksekutif maupun fungsi DPRD dalam penganggaran.

"Untuk itu melalui gerai ini, sekretariat DPRD akan memberikan informasi yang diperlukan masyarakat baik itu mengenai program kerja, capaian kerja mau pun batas kewajiban dan wewenang dewan," katanya.