Legislator Minta Masyarakat Ikut Tanggulangi Kebakaran Lahan

id DPRD Kotim, Parimus, Legislator Minta Masyarakat Ikut Tanggulangi Kebakaran Lahan

Legislator Minta Masyarakat Ikut Tanggulangi Kebakaran Lahan

Wakil Ketua DPRD Kotim, Parimus bersalaman dengan pejabat eksekutif usai rapat paripurna di gedung DPRD, Senin (7/8/17). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Kalau ada kebakaran, warga diimbau peduli dengan langsung memadamkan api.
Sampit (Antara Kalteng) - Masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diminta ikut mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan agar tidak sampai terjadi bencana kabut asap parah seperti tahun 2015.

"Kalau ada kebakaran, warga diimbau peduli dengan langsung memadamkan api. Jangan sampai kebakaran meluas dan menimbulkan bencana asap parah," kata Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Parimus di Sampit, Senin.

Sepekan terakhir, kebakaran lahan cukup marak terjadi, di antaranya di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Telawang dan Baamang. Kebakaran terjadi di lahan gambut sehingga cukup sulit untuk dipadamkan.

Peran masyarakat sangat diperlukan dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Luas dan rumitnya geografis wilayah Kotawaringin Timur sangat tidak sebanding dengan jumlah personel dan peralatan yang dimiliki tim gabungan untuk memadamkan kebakaran lahan.

Aparatur pemerintah di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa harus terus mengajal warganya untuk tidak membakar lahan. Warga harus digugah untuk peduli membantu pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Masyarakat diimbau untuk menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan. Api harus dipadamkan sejak kecil agar tidak sampai membesar, meluas dan tidak terkendali.

"Saat bencana kabut asap 2015 lalu, kita semua merasakan betapa buruk dampaknya. Perekonomian terganggu, ribuan orang terserang penyakit, sekolah diliburkan dan kegiatan masyarakat terganggu. Makanya jangan sampai bencana itu terulang lagi," kata Parimus.

Parimus juga mengimbau perusahaan perusahaan perkebunan yang ada di Kotawaringin Timur berperan aktif membantu mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Selain mengamankan areal perusahaan, juga harus membantu mengamankan desa-desa di sekitar perusahaan dari kebakaran hutan dan lahan.